IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IS-3 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA)

Nita Rubianti Oktafiani, A210070189, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 85 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran akuntansi melalui metode cooperative...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RUBIANTI OKTAFIANI , NITA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13524/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995902541135872
author RUBIANTI OKTAFIANI , NITA
author_facet RUBIANTI OKTAFIANI , NITA
author_sort RUBIANTI OKTAFIANI , NITA
collection ePrints
description Nita Rubianti Oktafiani, A210070189, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 85 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran akuntansi melalui metode cooperative learning tipe two stay two stray pada siswa kelas XI IS-3 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing- masing dilalui dengan empat tahap yaitu: 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Observasi Tindakan, dan 4). Refleksi Tindakan. Obyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IS-3 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 44 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aspek: 1) mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan kemampuan sendiri sebelum tindakan 27,27%, setelah tindakan akhir 90,91%, 2) menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan kemampuan sendiri sebelum tindakan 20,45%, setelah tindakan akhir 83,36%, 3) maju ke depan kelas untuk mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan 6,81%, setelah tindakan akhir 43,18%, 4) berlatih menjelaskan ke teman lain sebelum tindakan 0%, setelah tindakan akhir 88,63%, 5) bekerja sama dan berinteraksi dengan teman lain sebelum tindakan 0%,setelah tindakan akhir 93,18%. Kemandirian belajar siswa sebelum tindakan 18,17%, setelah diadakan tindakan yaitu pada siklus I meningkat menjadi 48,63% meningkat menjadi 80,45% pada siklus II.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13524
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13524 https://eprints.ums.ac.id/13524/ IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IS-3 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA) RUBIANTI OKTAFIANI , NITA L Education (General) Nita Rubianti Oktafiani, A210070189, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 85 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran akuntansi melalui metode cooperative learning tipe two stay two stray pada siswa kelas XI IS-3 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing- masing dilalui dengan empat tahap yaitu: 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Observasi Tindakan, dan 4). Refleksi Tindakan. Obyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IS-3 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 44 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aspek: 1) mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan kemampuan sendiri sebelum tindakan 27,27%, setelah tindakan akhir 90,91%, 2) menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan kemampuan sendiri sebelum tindakan 20,45%, setelah tindakan akhir 83,36%, 3) maju ke depan kelas untuk mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan 6,81%, setelah tindakan akhir 43,18%, 4) berlatih menjelaskan ke teman lain sebelum tindakan 0%, setelah tindakan akhir 88,63%, 5) bekerja sama dan berinteraksi dengan teman lain sebelum tindakan 0%,setelah tindakan akhir 93,18%. Kemandirian belajar siswa sebelum tindakan 18,17%, setelah diadakan tindakan yaitu pada siklus I meningkat menjadi 48,63% meningkat menjadi 80,45% pada siklus II. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13524/1/LAMPIRAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13524/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13524/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13524/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13524/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13524/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13524/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13524/15/LAMPIRAN_BELAKANG.pdf RUBIANTI OKTAFIANI , NITA (2011) IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IS-3 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070189
spellingShingle L Education (General)
RUBIANTI OKTAFIANI , NITA
IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IS-3 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA)
title IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IS-3 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA)
title_full IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IS-3 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA)
title_fullStr IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IS-3 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA)
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IS-3 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA)
title_short IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IS-3 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA)
title_sort implementasi metode cooperative learning dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa penelitian tindakan kelas pada siswa kelas xi is 3 sma muhammadiyah 1 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13524/
work_keys_str_mv AT rubiantioktafianinita implementasimetodecooperativelearningdalampembelajaranakuntansiuntukmeningkatkankemandirianbelajarsiswapenelitiantindakankelaspadasiswakelasxiis3smamuhammadiyah1surakarta