TINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TINDAK TUTUR TIDAK LANGSUNG DALAM SLOGAN IKLAN DI TELEVISI

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur langsung dan tidak langsung, serta maksud dan tujuan yang terkandung di dalam tindak tutur langsung dan tidak langsung dalam slogan iklan di televisi. Obyek penelitian ini adalah iklan di televisi. Metode penelitian yang digun...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: ARIYANTO, SUNARNO FAJAR
Format: Disertacija
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/13523/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
Opis
Sažetak:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur langsung dan tidak langsung, serta maksud dan tujuan yang terkandung di dalam tindak tutur langsung dan tidak langsung dalam slogan iklan di televisi. Obyek penelitian ini adalah iklan di televisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode padan referensial dengan teknik simak, teknik rekam, teknik catat, dan teknik parafrase yang diikuti dengan teknik referensial untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk tuturan langsung dan tidak langsung serta maksud dan tujuan tuturan tersebut. Bentuk-bentuk tuturan langsung dalam slogan iklan ditelevisi adalah tuturan langsung dengan modus kalimat berita, kalimat tanya dan kalimat perintah. Sedangkan bentuk-bentuk tuturan tidak langsung dalam slogan iklan di televisi adalah tuturan tidak langsung dengan modus kalimat berita dan kalimat tanya. Tujuan yang terkandung dalam slogan iklan di televisi antara lain 1. menginformasikan, 2. menanyakan, 3. memerintahkan atau mengajak.