BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk akronim bahasa Indonesia, memaparkan pola-pola fonotaktik pemakaian akronim bahasa Indonesia, mendeskripsikan keterkaitan kelas bentuk-bentuk akronim bahasa Indonesia, serta memaparkan keterkaitan antara bentuk akronim dengan perkembangan bahasa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ALFIYAH, NOFI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13518/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995901200007168
author ALFIYAH, NOFI
author_facet ALFIYAH, NOFI
author_sort ALFIYAH, NOFI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk akronim bahasa Indonesia, memaparkan pola-pola fonotaktik pemakaian akronim bahasa Indonesia, mendeskripsikan keterkaitan kelas bentuk-bentuk akronim bahasa Indonesia, serta memaparkan keterkaitan antara bentuk akronim dengan perkembangan bahasa Indonesia pada iklan produk seluler. Objek dan data dalam penelitian ini berupa akronim yang terdapat pada iklan produk seluler. Sumber data pada peneltian ini dari internet dengan situs http://www.google.com, http://www.indosat.com, dan http://www.youtube.com. Teknik analisis datanya menggunakan metode kualitatif. Metode penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Penyajian hasil analisi data menggunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ini menemukan tiga bentuk akronimpada iklan seluler yaitu yang berasal dari dua kata, tiga kata, dan empat kata. Pola fonotaktik suku katanya berupa V, VK, KV, KVK, KKV, dan KKVK. Akronim iklan seluler memiliki kesamaan kelas dengan kata-kata secara umum, diantaranya kata benda, kata kerja, kata sifat, dan lain-lain yang memiliki kesamaan dengan kelas kata benda, kata kerja, kata sifat, dan lain-lain. Adanya akronim pada ragam seluler dapat menjadikan kata-kata umum memiliki makna baru, ada kata yang semula memiliki satu makna menjadi dua makna, satu makna menjadi tiga makna, dua makna menjadi tiga makna, dua makna menjadi sembilan makna, tiga makna menjadi empat makna, empat makna menjadi lima makna, dan lima makna menjadi enam makna.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13518
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13518 https://eprints.ums.ac.id/13518/ BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET ALFIYAH, NOFI PB Modern European Languages Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk akronim bahasa Indonesia, memaparkan pola-pola fonotaktik pemakaian akronim bahasa Indonesia, mendeskripsikan keterkaitan kelas bentuk-bentuk akronim bahasa Indonesia, serta memaparkan keterkaitan antara bentuk akronim dengan perkembangan bahasa Indonesia pada iklan produk seluler. Objek dan data dalam penelitian ini berupa akronim yang terdapat pada iklan produk seluler. Sumber data pada peneltian ini dari internet dengan situs http://www.google.com, http://www.indosat.com, dan http://www.youtube.com. Teknik analisis datanya menggunakan metode kualitatif. Metode penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Penyajian hasil analisi data menggunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ini menemukan tiga bentuk akronimpada iklan seluler yaitu yang berasal dari dua kata, tiga kata, dan empat kata. Pola fonotaktik suku katanya berupa V, VK, KV, KVK, KKV, dan KKVK. Akronim iklan seluler memiliki kesamaan kelas dengan kata-kata secara umum, diantaranya kata benda, kata kerja, kata sifat, dan lain-lain yang memiliki kesamaan dengan kelas kata benda, kata kerja, kata sifat, dan lain-lain. Adanya akronim pada ragam seluler dapat menjadikan kata-kata umum memiliki makna baru, ada kata yang semula memiliki satu makna menjadi dua makna, satu makna menjadi tiga makna, dua makna menjadi tiga makna, dua makna menjadi sembilan makna, tiga makna menjadi empat makna, empat makna menjadi lima makna, dan lima makna menjadi enam makna. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13518/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13518/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13518/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13518/4/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13518/7/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13518/9/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13518/11/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13518/13/09_LAMPIRAN.pdf ALFIYAH, NOFI (2011) BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310070271
spellingShingle PB Modern European Languages
ALFIYAH, NOFI
BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET
title BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET
title_full BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET
title_fullStr BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET
title_full_unstemmed BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET
title_short BENTUK AKRONIM DAN KAJIAN FONOTAKTIK PADA IKLAN PRODUK SELULER DI INTERNET
title_sort bentuk akronim dan kajian fonotaktik pada iklan produk seluler di internet
topic PB Modern European Languages
url https://eprints.ums.ac.id/13518/
work_keys_str_mv AT alfiyahnofi bentukakronimdankajianfonotaktikpadaiklanprodukselulerdiinternet