KESANTUNAN BAHASA IKLAN KOSMETIK PADA MEDIA CETAK ANALISIS PRAGMATIK

Penelitian ini mengangkat mengenai kesantunan penggunaan bahasa pada iklan kosmetik di media cetak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui realisasi dan skala kesantunan berbahasa yang digunakan dalam iklan kosmetik di media cetak. (2) Mengetahui strategi berbahasa yang digunakan dalam iklan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUMINI, SUMINI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13517/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995900930523136
author SUMINI, SUMINI
author_facet SUMINI, SUMINI
author_sort SUMINI, SUMINI
collection ePrints
description Penelitian ini mengangkat mengenai kesantunan penggunaan bahasa pada iklan kosmetik di media cetak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui realisasi dan skala kesantunan berbahasa yang digunakan dalam iklan kosmetik di media cetak. (2) Mengetahui strategi berbahasa yang digunakan dalam iklan kosmetik di media cetak. (3) Mengetahui bentuk-bentuk penyimpangan prinsip kesopanan dalam iklan kosmetik pada media cetak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer, sedangkan data dalam penelitian ini berupa tuturan dalam iklan kosmetik yang megandung kesantunan berbahasa. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan metode simak dan dokumentasi. Pada analisis data ini penulis menggunakan metode padan pragmatis. Adapun prosedur penelitian ini terdapat beberapa tahap, yaitu tahap pertama berupa tahap persiapan, tahap kedua berupa tahap penulisan data, tahap ketiga berupa tahap analisis data, dan tahap keempat berupa tahap penulisan laporan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, penelitian ini dapat disimpulkan, pertama, tuturan pada iklan kosmetik yang terdapat dalam media cetak mengandung kesantunan berbahasa terdapat 34 data yang dapat diklasifikasikan menjadi 5 jenis kesantunan, yaitu kesantunan memberitahu (terdiri dari 26 data), Kesantunan Mengajak (terdiri dari 1 data), Kesantuna Menawarkan (terdiri dari 2 data), Kesantunan memerintah (terdiri dari 16 data), Kesantunan Merayu (terdiri dari 4 data). Skala kesantunan pada iklan kosmetik di media cetak terdiri dari 3 skala, yaitu skala untung rugi terdapat 17 data, skala pilihan (terdiri dari 3 data), dan skala ketidaklangsungan terdapat 34 data. Kedua, iklan kosmetik dalam media cetak juga menggunakan strategi bertutur yaitu berupa, Ungkapan secara tidak langsung yang berupa perintah (terdiri dari 10 data) dan Bentuk pertanyaan, strategi dengan menggunakan partikel tertentu. (terdiri dari 3 data). Ketiga, tuturan iklan kosmetik pada media cetak yang melanggar prinsip kesopanan terdapat beberapa data, yaitu, maksim kebijaksanaan (8 data), maksim kemurahan (4 data).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13517
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13517 https://eprints.ums.ac.id/13517/ KESANTUNAN BAHASA IKLAN KOSMETIK PADA MEDIA CETAK ANALISIS PRAGMATIK SUMINI, SUMINI P Philology. Linguistics Penelitian ini mengangkat mengenai kesantunan penggunaan bahasa pada iklan kosmetik di media cetak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui realisasi dan skala kesantunan berbahasa yang digunakan dalam iklan kosmetik di media cetak. (2) Mengetahui strategi berbahasa yang digunakan dalam iklan kosmetik di media cetak. (3) Mengetahui bentuk-bentuk penyimpangan prinsip kesopanan dalam iklan kosmetik pada media cetak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer, sedangkan data dalam penelitian ini berupa tuturan dalam iklan kosmetik yang megandung kesantunan berbahasa. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan metode simak dan dokumentasi. Pada analisis data ini penulis menggunakan metode padan pragmatis. Adapun prosedur penelitian ini terdapat beberapa tahap, yaitu tahap pertama berupa tahap persiapan, tahap kedua berupa tahap penulisan data, tahap ketiga berupa tahap analisis data, dan tahap keempat berupa tahap penulisan laporan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, penelitian ini dapat disimpulkan, pertama, tuturan pada iklan kosmetik yang terdapat dalam media cetak mengandung kesantunan berbahasa terdapat 34 data yang dapat diklasifikasikan menjadi 5 jenis kesantunan, yaitu kesantunan memberitahu (terdiri dari 26 data), Kesantunan Mengajak (terdiri dari 1 data), Kesantuna Menawarkan (terdiri dari 2 data), Kesantunan memerintah (terdiri dari 16 data), Kesantunan Merayu (terdiri dari 4 data). Skala kesantunan pada iklan kosmetik di media cetak terdiri dari 3 skala, yaitu skala untung rugi terdapat 17 data, skala pilihan (terdiri dari 3 data), dan skala ketidaklangsungan terdapat 34 data. Kedua, iklan kosmetik dalam media cetak juga menggunakan strategi bertutur yaitu berupa, Ungkapan secara tidak langsung yang berupa perintah (terdiri dari 10 data) dan Bentuk pertanyaan, strategi dengan menggunakan partikel tertentu. (terdiri dari 3 data). Ketiga, tuturan iklan kosmetik pada media cetak yang melanggar prinsip kesopanan terdapat beberapa data, yaitu, maksim kebijaksanaan (8 data), maksim kemurahan (4 data). 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13517/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13517/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13517/4/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13517/6/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13517/7/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13517/13/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13517/15/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13517/21/09_LAMPIRAN.pdf SUMINI, SUMINI (2011) KESANTUNAN BAHASA IKLAN KOSMETIK PADA MEDIA CETAK ANALISIS PRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310070281
spellingShingle P Philology. Linguistics
SUMINI, SUMINI
KESANTUNAN BAHASA IKLAN KOSMETIK PADA MEDIA CETAK ANALISIS PRAGMATIK
title KESANTUNAN BAHASA IKLAN KOSMETIK PADA MEDIA CETAK ANALISIS PRAGMATIK
title_full KESANTUNAN BAHASA IKLAN KOSMETIK PADA MEDIA CETAK ANALISIS PRAGMATIK
title_fullStr KESANTUNAN BAHASA IKLAN KOSMETIK PADA MEDIA CETAK ANALISIS PRAGMATIK
title_full_unstemmed KESANTUNAN BAHASA IKLAN KOSMETIK PADA MEDIA CETAK ANALISIS PRAGMATIK
title_short KESANTUNAN BAHASA IKLAN KOSMETIK PADA MEDIA CETAK ANALISIS PRAGMATIK
title_sort kesantunan bahasa iklan kosmetik pada media cetak analisis pragmatik
topic P Philology. Linguistics
url https://eprints.ums.ac.id/13517/
work_keys_str_mv AT suminisumini kesantunanbahasaiklankosmetikpadamediacetakanalisispragmatik