PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MELALUI METODE CIRC SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SIDOHARJO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemanfaatan metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan menemukan masalah utama berita, menganalisis kemampuan siswa kelas VIIIA SMP N 2 Sidoharjo menemukan masalah utama setelah mengikuti pembelajaran dengan metode CIRC, serta mengetahui penerapan dan hambatan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13514/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995900122071040 |
---|---|
author | WIDYASTUTI, WIDYASTUTI |
author_facet | WIDYASTUTI, WIDYASTUTI |
author_sort | WIDYASTUTI, WIDYASTUTI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemanfaatan metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan menemukan masalah utama berita, menganalisis kemampuan siswa kelas VIIIA SMP N 2 Sidoharjo menemukan masalah utama setelah mengikuti pembelajaran dengan metode CIRC, serta mengetahui penerapan dan hambatan metode CIRC.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sidoharjo Tahun Ajaran 2010/2011 mulai bulan Januari sampai Mei 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA sebanyak 30 siswa pada semester 2. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Spiral Kemmis dan Mc Taggart. Validitas Data yang digunakan adalah validitas data model Hopkins.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata hasil evaluasi kemampuan menemukan masalah utama berita siswa kelas VIIIA SMP N 2 Sidoharjo sebelum tindakan yaitu 53,83 dengan ketuntasan klasikal 13,33%. Pada siklus I nilai rata-rata yaitu 39,67 dengan ketuntasan klasikal 3,33%. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 71,67 dengan ketuntasan klasikal 70%. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa nilai evaluasi mengalami pasang surut. Hambatan selama penerapan metode CIRC yaitu: (1) Kondisi siswa yang tidak siap menerima pelajaran, (2) Siswa masih ramai dalam pembagian kelompok, (3) Sikap individu masih terlihat dalam kerjasama kelompok, (4) Kemampuan membaca dan memahami bacaan yang kurang baik, (5) Teks yang terlalu panjang. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu: (1) Mengkondisikan dan memotivasi siswa untuk siap belajar, (2) Mengatur siswa agar segera berkelompok, (3) Menerapkan langkah-langkah CIRC dengan tepat, (4) Membiasakan membaca bacaan agar kemampuan membaca meningkat, dan (5) Mengganti teks yang mudah dipahami oleh siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13514 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13514 https://eprints.ums.ac.id/13514/ PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MELALUI METODE CIRC SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SIDOHARJO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 WIDYASTUTI, WIDYASTUTI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemanfaatan metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan menemukan masalah utama berita, menganalisis kemampuan siswa kelas VIIIA SMP N 2 Sidoharjo menemukan masalah utama setelah mengikuti pembelajaran dengan metode CIRC, serta mengetahui penerapan dan hambatan metode CIRC. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sidoharjo Tahun Ajaran 2010/2011 mulai bulan Januari sampai Mei 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA sebanyak 30 siswa pada semester 2. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Spiral Kemmis dan Mc Taggart. Validitas Data yang digunakan adalah validitas data model Hopkins. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata hasil evaluasi kemampuan menemukan masalah utama berita siswa kelas VIIIA SMP N 2 Sidoharjo sebelum tindakan yaitu 53,83 dengan ketuntasan klasikal 13,33%. Pada siklus I nilai rata-rata yaitu 39,67 dengan ketuntasan klasikal 3,33%. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 71,67 dengan ketuntasan klasikal 70%. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa nilai evaluasi mengalami pasang surut. Hambatan selama penerapan metode CIRC yaitu: (1) Kondisi siswa yang tidak siap menerima pelajaran, (2) Siswa masih ramai dalam pembagian kelompok, (3) Sikap individu masih terlihat dalam kerjasama kelompok, (4) Kemampuan membaca dan memahami bacaan yang kurang baik, (5) Teks yang terlalu panjang. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu: (1) Mengkondisikan dan memotivasi siswa untuk siap belajar, (2) Mengatur siswa agar segera berkelompok, (3) Menerapkan langkah-langkah CIRC dengan tepat, (4) Membiasakan membaca bacaan agar kemampuan membaca meningkat, dan (5) Mengganti teks yang mudah dipahami oleh siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13514/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13514/2/03._BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13514/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13514/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13514/8/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13514/10/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13514/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13514/14/09._Lampiran.pdf WIDYASTUTI, WIDYASTUTI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MELALUI METODE CIRC SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SIDOHARJO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310070087 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education WIDYASTUTI, WIDYASTUTI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MELALUI METODE CIRC SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SIDOHARJO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MELALUI METODE CIRC SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SIDOHARJO
SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MELALUI METODE CIRC SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SIDOHARJO
SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MELALUI METODE CIRC SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SIDOHARJO
SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MELALUI METODE CIRC SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SIDOHARJO
SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MELALUI METODE CIRC SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 SIDOHARJO
SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | peningkatan kemampuan menemukan masalah utama berita melalui metode circ siswa kelas viiia smp negeri 2 sidoharjo semester genap tahun ajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13514/ |
work_keys_str_mv | AT widyastutiwidyastuti peningkatankemampuanmenemukanmasalahutamaberitamelaluimetodecircsiswakelasviiiasmpnegeri2sidoharjosemestergenaptahunajaran20102011 |