PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT PADA SISWA KELAS VIIB MTs NEGERI BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan peningakatan kemampuan menulis narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII B di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo serta mengetahui peningkatan kualalitas dan hasil kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa I...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LISTIANI, LISTIANI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13505/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan peningakatan kemampuan menulis narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII B di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo serta mengetahui peningkatan kualalitas dan hasil kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi karangan narasi dengan menggunakan strategi Critical incident. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kolaboratif antara peneliti kepala sekolah dan guru bahasa Indonesia kelas VII B. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo yang berjumlah 29 siswa, siswa laki-laki berjumlah 19 dan siswa perempuan berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data ini adalah observasi wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif. Perbaikan tindakan mengajar yang dilakukan oleh guru yaitu melibatkan siswa secara aktif dan mandiri, membantu membimbing dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan soal-soal dengan strategi Critical Incident. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes uji coba mandiri siswa dengan nilai KKM diatas 69. Adanya peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas VII B di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo sebelum tindakan hanya mencapai 44,8% (13 siswa), pada tindakan I meningkat menjadi 62,0% (18 siswa), dan pada tindakan II meningkat menjadi 75,9% sebanyak 22 siswa, kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi Critical Incident dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada materi menulis narasi dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas VII B MTs Negeri Bendosari Sukoharjo.