PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIC) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK (Visual, Auditory, dan Kinestetic) pada siswa kelas VIIIC di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas VII...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WATI, RETNO INDAR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13502/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995896876728320
author WATI, RETNO INDAR
author_facet WATI, RETNO INDAR
author_sort WATI, RETNO INDAR
collection ePrints
description Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK (Visual, Auditory, dan Kinestetic) pada siswa kelas VIIIC di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas VIIIC di SMP Muhammadiyah berjumlah 38 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan, yakni: murid, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah, tempat berlangsungnya aktivitas pembelajaran, dan proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini laksanakan melalui tiga siklus. Penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK sebesar 75% dari 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa penggunaan pendekatan VAK dapat meningkatkan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Hal tersebut dibuktikan oleh (1) kualitas proses pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa meningkat. Hal ini terbukti dari minat dan motivasi siswa, konsentrasi siswa terfokus, dan siswa aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan, (2) adanya peningkatan kualitas hasil pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan. Hal tersebut dibuktikan oleh pemerolehan nilai dan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM yang ditentukan pihak sekolah sebesar 65. Pada prasiklus nilai siswa yang memenuhi KKM sebanyak 18 (53%) dari 34 siswa. Kemudian setelah penerapan pendekatan VAK pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebesar 21 (61,76%) dari 34 siswa, pada siklus II siswa yang mendapat skor di atas KKM meningkat menjadi 25 (69,44%)dari 36 siswa, dan siklus III 30 (81,08%) dari 37 siswa yang dinyatakan berhasil mencapai KKM.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13502
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13502 https://eprints.ums.ac.id/13502/ PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIC) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 WATI, RETNO INDAR LB Theory and practice of education Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK (Visual, Auditory, dan Kinestetic) pada siswa kelas VIIIC di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas VIIIC di SMP Muhammadiyah berjumlah 38 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan, yakni: murid, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah, tempat berlangsungnya aktivitas pembelajaran, dan proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini laksanakan melalui tiga siklus. Penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan VAK sebesar 75% dari 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa penggunaan pendekatan VAK dapat meningkatkan penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Hal tersebut dibuktikan oleh (1) kualitas proses pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan siswa meningkat. Hal ini terbukti dari minat dan motivasi siswa, konsentrasi siswa terfokus, dan siswa aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan, (2) adanya peningkatan kualitas hasil pembelajaran penguasaan EYD dalam menulis laporan perjalanan. Hal tersebut dibuktikan oleh pemerolehan nilai dan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM yang ditentukan pihak sekolah sebesar 65. Pada prasiklus nilai siswa yang memenuhi KKM sebanyak 18 (53%) dari 34 siswa. Kemudian setelah penerapan pendekatan VAK pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebesar 21 (61,76%) dari 34 siswa, pada siklus II siswa yang mendapat skor di atas KKM meningkat menjadi 25 (69,44%)dari 36 siswa, dan siklus III 30 (81,08%) dari 37 siswa yang dinyatakan berhasil mencapai KKM. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13502/1/halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13502/2/BAB1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13502/3/BAB2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13502/4/BAB3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13502/7/BAB4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13502/8/BAB5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13502/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13502/25/Lampiran.pdf WATI, RETNO INDAR (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIC) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310070256
spellingShingle LB Theory and practice of education
WATI, RETNO INDAR
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIC) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIC) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIC) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIC) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIC) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN EYD DALAM MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI PENDEKATAN VAK (VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIC) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort peningkatan kemampuan penguasaan eyd dalam menulis laporan perjalanan melalui pendekatan vak visual auditory dan kinestetic siswa kelas viiic smp muhammadiyah 5 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13502/
work_keys_str_mv AT watiretnoindar peningkatankemampuanpenguasaaneyddalammenulislaporanperjalananmelaluipendekatanvakvisualauditorydankinesteticsiswakelasviiicsmpmuhammadiyah5surakartatahunajaran20102011