UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE BERCERITA Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Punggawan Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak melalui metode bercerita di TK Aisyiyah Punggawan Surakarta, peningkatan kemampuan menyimak dengan cerita bergambar di TK Aisyiyah Punggawan Surakarta, seberapa besar peningkatan kemampuan menyimak dengan metode bercerita di TK A...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: KARTIKA, DENY DWI
פורמט: Thesis
שפה:English
English
English
English
English
English
English
English
יצא לאור: 2011
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/13501/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
תיאור
סיכום:Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak melalui metode bercerita di TK Aisyiyah Punggawan Surakarta, peningkatan kemampuan menyimak dengan cerita bergambar di TK Aisyiyah Punggawan Surakarta, seberapa besar peningkatan kemampuan menyimak dengan metode bercerita di TK Aisyiyah Punggawan Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Punggawan Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode bercerita, dengan jumlah anak 18 anak. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perkembangan menyimak sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak untuk maju kedepan dan untuk melihat anak yang menyimak cerita yang disampaikan serta mengumpulkan gambar–gambar cerita. Data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu perbandingan melalui prosentasi melalui siklus–siklus. Berdasarkan hasil perhitungan per siklus tentang menyimak dengan metode Bercerita di dapat pra siklus 50,59%, Siklus I 68,39%, Siklus II 75,22%, Siklus III 90,92%. Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B melalui metode bercerita di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Punggawan Surakarta tahun Pelajaran 2010 / 2011 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang diperkirakan 85% ternyata pada siklus III sudah melebihi dari perkiraan yaitu 90,92%.