UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA MELALUI MEDIA BIG BOOK DI BA AISYIYAH BAKIPANDEYAN O2 SUKOHARJO KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2010/2011

Motivasi belajar membaca anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak adalah melalui media Big Book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar membaca anak melalui...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: PURWANTI, EMI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13500/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Motivasi belajar membaca anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak adalah melalui media Big Book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar membaca anak melalui media Big Book. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di BA Aisyiyah Bakipandeyan 02 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data motivasi belajar membaca dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data pembelajaran membaca melalui media Big Book dikumpulkan melalui lembar observasi catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar membaca anak dengan menggunakan media Big Book yakni sebelum tindakan 36.19%, siklus I mencapai 48.84%, siklus II mencapai 64.27%, dan siklus III mencapai 88.50%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media Big Book dapat meningkatkan motivasi belajar membaca anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.