PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui pengaruh pola belajar siswa terhadap prestasi belajar; 2) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar; 3) Mengetahui pola belajar siswa dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SHIDDIQ, AHMAD GHOFAR ASH
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13499/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995896066179072
author SHIDDIQ, AHMAD GHOFAR ASH
author_facet SHIDDIQ, AHMAD GHOFAR ASH
author_sort SHIDDIQ, AHMAD GHOFAR ASH
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui pengaruh pola belajar siswa terhadap prestasi belajar; 2) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar; 3) Mengetahui pola belajar siswa dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010-2011. Sampel diambil sebanyak adalah 60 orang siswa dengan teknik simpel random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 3,716 + 0,060X1 + 0,063X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pola belajar siswa dan lingkungan keluarga. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara pola belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Islam 1 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2010-2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,620 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 19,431%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Islam 1 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2010-2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,549 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 18,669%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara pola belajar siswa dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Islam 1 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2010-2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,523 > 3,158 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,381. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,381 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola belajar siswa dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 38,1%, sedangkan 61,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13499
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13499 https://eprints.ums.ac.id/13499/ PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011 SHIDDIQ, AHMAD GHOFAR ASH LB Theory and practice of education Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui pengaruh pola belajar siswa terhadap prestasi belajar; 2) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar; 3) Mengetahui pola belajar siswa dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010-2011. Sampel diambil sebanyak adalah 60 orang siswa dengan teknik simpel random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 3,716 + 0,060X1 + 0,063X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pola belajar siswa dan lingkungan keluarga. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara pola belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Islam 1 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2010-2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,620 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 19,431%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Islam 1 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2010-2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,549 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 18,669%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara pola belajar siswa dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Islam 1 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2010-2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,523 > 3,158 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,381. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,381 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola belajar siswa dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 38,1%, sedangkan 61,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13499/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13499/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13499/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13499/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13499/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13499/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13499/7/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13499/8/Lampiran-Lampiran.pdf SHIDDIQ, AHMAD GHOFAR ASH (2011) PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070028
spellingShingle LB Theory and practice of education
SHIDDIQ, AHMAD GHOFAR ASH
PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011
title PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort prestasi belajar mata pelajaran ekonomi ditinjau dari pola belajar siswa dan lingkungan keluarga pada siswa smp al islam 1 surakarta kelas viii tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13499/
work_keys_str_mv AT shiddiqahmadghofarash prestasibelajarmatapelajaranekonomiditinjaudaripolabelajarsiswadanlingkungankeluargapadasiswasmpalislam1surakartakelasviiitahunajaran20102011