PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENGGUNAAN METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN IPS (Survey pada siswa kelas IX.PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011)
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENGGUNAAN METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN IPS (Survey pada siswa kelas IX.PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011) Rosi Widowati, A 210070001, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamma...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13486/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN
PENGGUNAAN METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN IPS
(Survey pada siswa kelas IX.PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta
Tahun Ajaran 2010/ 2011)
Rosi Widowati, A 210070001, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 162 Halaman
Tujuan penelitian ini yaitu untuk: meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa dengan menerapkan metode SQ3R sebagai metode
pembelajaran membaca pemahaman terutama pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan strategi
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru IPS dan siswa
kelas IX.PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebanyak 40 siswa. Sumber data yang
digunakan: (1)informan, yakni guru IPS dan siswa kelas IX.PK yang mudah diajak
berkomunikasi, (2)peristiwa, yaitu proses belajar mengajar, dan (3)data atau
dokumen, berupa teks bacaan, hasil tes siswa, transkrip wawancara dengan siswa
dan guru, dan daftar nilai siswa. Teknik pengumpulan data meliputi: (1)observasi/,
(2)wawancara, dan (3)penilaian tes. Prosedur penelitian meliputi tahap:
(1)identifikasi masalah, (2) persiapan, (3) penyusunan rencana tindakan,
(4)implementasi tindakan, (5)pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses
penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing- masing siklus terdiri dari empat
tahap, yaitu: (1)perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)observasi dan
interpretasi, dan (4)analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 1-2 kali
pertemuan, masing-masing pertemuan selama 2 x 40 menit.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: (1)terdapat
peningkatan minat membaca siswa kelas IX.PK melalui penerapan metode SQ3R
sebagai metode pembelajaran membaca pemahaman, yang ditandai dengan:
(a)usaha siswa dalam membaca materi yang diberikan, (b)daya tahan siswa dalam
melakukan aktivitas membaca, (c)sikap senang yang ditunjukkan siswa saat
melakukan aktivitas membaca, (d)kesadaran siswa akan manfaat membaca, dan
(e)peningkatan nilai hasil test minat membaca siswa dari siklus I hingga siklus
III, dan (2)terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas
IX.PK melalui penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca
pemahaman, yang ditandai dengan adanya peningkatan nilai membaca
pemahaman siswa dari siklus I hingga siklus III.
|
---|