PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Lina Rahayu Budiarti. A 210 070 179. Jurusan Pendidikan Ekonom...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Budiarti, Lina Rahayu
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13483/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995891757580288
author Budiarti, Lina Rahayu
author_facet Budiarti, Lina Rahayu
author_sort Budiarti, Lina Rahayu
collection ePrints
description PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Lina Rahayu Budiarti. A 210 070 179. Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011; 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa atas fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi yang menempuh mata kuliah Kewirausahaan tahun ajaran 2010/2011 yaitu sebanyak 135 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 100 mahasiswa dengan teknik Simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,574 + 0,186X1 + 0,227X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar kewirausahaan mahasiswa dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam Pengelolaan Kelas dan Fasilitas Belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,397 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 48 % dan sumbangan efektif 12,5%; 2) Ada pengaruh persepsi mahasiswa atas fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,537 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 52 % dan sumbangan efektif 13,6%; 3) Ada pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,166 > 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,261 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan adalah sebesar 26,1%, sedangkan 73,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13483
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13483 https://eprints.ums.ac.id/13483/ PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Budiarti, Lina Rahayu L Education (General) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Lina Rahayu Budiarti. A 210 070 179. Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011; 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa atas fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi yang menempuh mata kuliah Kewirausahaan tahun ajaran 2010/2011 yaitu sebanyak 135 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 100 mahasiswa dengan teknik Simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,574 + 0,186X1 + 0,227X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar kewirausahaan mahasiswa dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam Pengelolaan Kelas dan Fasilitas Belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,397 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 48 % dan sumbangan efektif 12,5%; 2) Ada pengaruh persepsi mahasiswa atas fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,537 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 52 % dan sumbangan efektif 13,6%; 3) Ada pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,166 > 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,261 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan adalah sebesar 26,1%, sedangkan 73,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13483/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13483/3/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13483/4/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13483/5/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13483/7/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13483/9/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13483/11/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13483/13/09_LAMPIRAN.pdf Budiarti, Lina Rahayu (2011) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A 210070179
spellingShingle L Education (General)
Budiarti, Lina Rahayu
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh persepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan pada mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi universitas muhammadiyah surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13483/
work_keys_str_mv AT budiartilinarahayu pengaruhpersepsimahasiswaataskemampuandosendalampengelolaankelasdanfasilitasbelajarterhadaphasilbelajarkewirausahaanpadamahasiswapendidikanekonomiakuntansiuniversitasmuhammadiyahsurakartatahunajaran20102011