PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Ninik Widiarti. A 210 070 132. Progdi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Widiarti , Ninik
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13479/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995890653429760
author Widiarti , Ninik
author_facet Widiarti , Ninik
author_sort Widiarti , Ninik
collection ePrints
description PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Ninik Widiarti. A 210 070 132. Progdi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar, 3) kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 322 siswa dengan sampel sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan cara acak. Data yang diperlukan diperoleh melalui dokumentasi nilai siswa mata pelajaran ekonomi dan angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 23,855 + 0,493.X1 + 0,427.X2 yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Kreativitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,814>1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 (2) Pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,558 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 (3) Kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Berdasarkan uji F yang diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 24,779 > 3,07 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 (4) Variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 11,1%.Variabel pemanfaatan media pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 50,9%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 62%, sedangkan 38% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13479
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13479 https://eprints.ums.ac.id/13479/ PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Widiarti , Ninik L Education (General) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Ninik Widiarti. A 210 070 132. Progdi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar, 3) kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 322 siswa dengan sampel sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan cara acak. Data yang diperlukan diperoleh melalui dokumentasi nilai siswa mata pelajaran ekonomi dan angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 23,855 + 0,493.X1 + 0,427.X2 yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Kreativitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,814>1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 (2) Pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,558 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 (3) Kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Berdasarkan uji F yang diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 24,779 > 3,07 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 (4) Variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 11,1%.Variabel pemanfaatan media pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 50,9%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 62%, sedangkan 38% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13479/1/COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13479/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13479/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13479/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13479/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13479/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13479/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13479/19/LAMPIRAN.pdf Widiarti , Ninik (2011) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A 210070132
spellingShingle L Education (General)
Widiarti , Ninik
PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas viii smp muhammadiyah 1 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13479/
work_keys_str_mv AT widiartininik pengaruhkreativitasbelajardanpemanfaatanmediapembelajaranterhadapprestasibelajarmatapelajaranekonomipadasiswakelasviiismpmuhammadiyah1surakartatahunajaran20102011