PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Ninik Widiarti. A 210 070 132. Progdi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universit...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2011
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/13479/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA
PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN
EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I
SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Ninik Widiarti. A 210 070 132. Progdi Pendidikan Akuntansi. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kreativitas belajar
terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap
prestasi belajar, 3) kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap
prestasi belajar.
Penelitian ini menggunakan metode asosiatif yang kesimpulannya diperoleh
berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP
Muhammadiyah 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 322
siswa dengan sampel sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik proporsional
random sampling dengan cara acak. Data yang diperlukan diperoleh melalui
dokumentasi nilai siswa mata pelajaran ekonomi dan angket yang telah diuji-cobakan
dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, uji R2, sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 23,855 + 0,493.X1 +
0,427.X2 yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan
pemanfaatan media pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Kreativitas
belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung
> ttabel, yaitu 3,814>1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 (2)
Pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata
pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.
Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,558 > 1,980 dan nilai probabilitas
signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 (3) Kreativitas belajar dan pemanfaatan media
pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata
pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.
Berdasarkan uji F yang diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 24,779 > 3,07 dan nilai
probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 (4) Variabel kreativitas belajar
memberikan sumbangan efektif sebesar 11,1%.Variabel pemanfaatan media
pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 50,9%, sehingga total
sumbangan efektif keduanya sebesar 62%, sedangkan 38% lainnya dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti.
|
---|