UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Team Quiz. Sebelum diber...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13477/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995890102927360 |
---|---|
author | NURDIYANA, EVI |
author_facet | NURDIYANA, EVI |
author_sort | NURDIYANA, EVI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju
masyarakat madani pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu
Klaten tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Team Quiz. Sebelum
diberikan tindakan pemahaman siswa kurang dan guru sudah mengupayakan
alternatif pemecahannya dengan cara dalam setiap pembelajaran guru memberikan
pre-test dan ceramah kepada siswa untuk menimbulkan pemahaman siswa. Akan
tetapi penerapan strategi tersebut belum mampu meningkatkan pemahaman siswa.
Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi
Team Quiz. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK
Muhammadiyah Delanggu Klaten yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara dan test. Penelitian tindakan kelas
ini dilakukan melalui tiga siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam
penelitian ini adalah 70%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman pada mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju
masyarakat madani pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu
Klaten dari kemampuan menjawab pertanyaan, mengeluarkan pendapat, dan
memberi sanggahan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan
strategi Team Quiz siswa yang paham dalam materi budaya demokrasi menuju
masyarakat madani sebanyak 6 (15,38%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang
telah disepakati yaitu menerapkan strategi Team Quiz, siklus I pemahaman siswa
meningkat menjadi 15 (38,46%) siswa, siklus II pemahaman siswa meningkat
menjadi 26 (66,66%) siswa dan siklus III pemahaman siswa meningkat menjadi 35
(89,74%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis
yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Strategi Team Quiz dapat
Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani Pada
Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran
2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13477 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13477 https://eprints.ums.ac.id/13477/ UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 NURDIYANA, EVI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Team Quiz. Sebelum diberikan tindakan pemahaman siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan cara dalam setiap pembelajaran guru memberikan pre-test dan ceramah kepada siswa untuk menimbulkan pemahaman siswa. Akan tetapi penerapan strategi tersebut belum mampu meningkatkan pemahaman siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi Team Quiz. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan test. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 70%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten dari kemampuan menjawab pertanyaan, mengeluarkan pendapat, dan memberi sanggahan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi Team Quiz siswa yang paham dalam materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani sebanyak 6 (15,38%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi Team Quiz, siklus I pemahaman siswa meningkat menjadi 15 (38,46%) siswa, siklus II pemahaman siswa meningkat menjadi 26 (66,66%) siswa dan siklus III pemahaman siswa meningkat menjadi 35 (89,74%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Strategi Team Quiz dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13477/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13477/3/BAB__1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13477/6/BAB__2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13477/8/BAB__3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13477/11/BAB__4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13477/13/BAB__5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13477/16/DAFTAR__PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13477/18/LAMPIRAN.pdf NURDIYANA, EVI (2011) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070089 |
spellingShingle | L Education (General) NURDIYANA, EVI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | upaya meningkatkan pemahaman materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani melalui strategi pembelajaran team quiz dalam proses pembelajaran pkn pada siswa kelas xi akuntansi smk muhammadiyah delanggu klaten tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13477/ |
work_keys_str_mv | AT nurdiyanaevi upayameningkatkanpemahamanmateribudayademokrasimenujumasyarakatmadanimelaluistrategipembelajaranteamquizdalamprosespembelajaranpknpadasiswakelasxiakuntansismkmuhammadiyahdelangguklatentahunpelajaran20102011 |