BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan prestasi siswa, hubungan Belajar Kelompok dengan kompetensi sosial siswa dan mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan motivasi belajar siswa MA Al Madinah Salatiga. Sumber informasi Subjek yang digunakan sebagai inf...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Syaefudin, Ahmad
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13472/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995888674766848
author Syaefudin, Ahmad
author_facet Syaefudin, Ahmad
author_sort Syaefudin, Ahmad
collection ePrints
description Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan prestasi siswa, hubungan Belajar Kelompok dengan kompetensi sosial siswa dan mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan motivasi belajar siswa MA Al Madinah Salatiga. Sumber informasi Subjek yang digunakan sebagai informan dalam penelitian ini terdiri, Guru dua mata pelajaran ujian Nasional di MA Al Madinah Salatiga, dan Siswa kelas XII dalam dua mata pelajaran ujian Nasional, yaitu mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Berdasarkan bentuknya penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mengedepankan pengumpulan data bersumber dari informan . Metode pengumpulan data yang digunakan observasi , wawancara dan dokumentasi, Uji Kredibilitas dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangungalsi, diskusi dengan teman sejawat. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data , sajian data dan penarikan kesimpulan. Pengambilan kesimpulan menggunakan teknik deskriptif analitik artinya suatu proses dengan jalan menjelaskan data yang didasarkan atas fenomena dan fakta hasil wawancara dengan subyek penelitian. Kesimpulan penelitian bahwa MA Al Madinah Salatiga menyambut baik penerapan Budaya Belajar Kelompok Siswa. Karena budaya belajar kelompok secara meyakinkan meningkatkan prestasi belajar, kompetensi sosial dan motivasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13472
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13472 https://eprints.ums.ac.id/13472/ BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA Syaefudin, Ahmad LB Theory and practice of education Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan prestasi siswa, hubungan Belajar Kelompok dengan kompetensi sosial siswa dan mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan motivasi belajar siswa MA Al Madinah Salatiga. Sumber informasi Subjek yang digunakan sebagai informan dalam penelitian ini terdiri, Guru dua mata pelajaran ujian Nasional di MA Al Madinah Salatiga, dan Siswa kelas XII dalam dua mata pelajaran ujian Nasional, yaitu mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Berdasarkan bentuknya penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mengedepankan pengumpulan data bersumber dari informan . Metode pengumpulan data yang digunakan observasi , wawancara dan dokumentasi, Uji Kredibilitas dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangungalsi, diskusi dengan teman sejawat. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data , sajian data dan penarikan kesimpulan. Pengambilan kesimpulan menggunakan teknik deskriptif analitik artinya suatu proses dengan jalan menjelaskan data yang didasarkan atas fenomena dan fakta hasil wawancara dengan subyek penelitian. Kesimpulan penelitian bahwa MA Al Madinah Salatiga menyambut baik penerapan Budaya Belajar Kelompok Siswa. Karena budaya belajar kelompok secara meyakinkan meningkatkan prestasi belajar, kompetensi sosial dan motivasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/2/BAB__I__PENDAHULUAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/3/BAB_II__KAJIAN_TEORI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/7/Bab_III_METODE__PELITIAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/13/BAB_IV_PAPARAN_dan_TEMUAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/16/BAB_V__PEMBAHASN_DAN_TEORI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/18/BABVI__PENUTUP.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/20/DAFTAR__PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/24/INSTRUMEN_WAWANCARA.pdf Syaefudin, Ahmad (2011) BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080178
spellingShingle LB Theory and practice of education
Syaefudin, Ahmad
BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA
title BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA
title_full BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA
title_fullStr BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA
title_full_unstemmed BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA
title_short BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA
title_sort budaya belajar kelompok siswa studi kasus ma al madinah salatiga
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13472/
work_keys_str_mv AT syaefudinahmad budayabelajarkelompoksiswastudikasusmaalmadinahsalatiga