BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan prestasi siswa, hubungan Belajar Kelompok dengan kompetensi sosial siswa dan mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan motivasi belajar siswa MA Al Madinah Salatiga. Sumber informasi Subjek yang digunakan sebagai inf...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13472/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995888674766848 |
---|---|
author | Syaefudin, Ahmad |
author_facet | Syaefudin, Ahmad |
author_sort | Syaefudin, Ahmad |
collection | ePrints |
description | Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan prestasi siswa, hubungan Belajar Kelompok dengan kompetensi sosial siswa dan mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan motivasi belajar siswa MA Al Madinah Salatiga. Sumber informasi Subjek yang digunakan sebagai informan dalam penelitian ini terdiri, Guru dua mata pelajaran ujian Nasional di MA Al Madinah Salatiga, dan Siswa kelas XII dalam dua mata pelajaran ujian Nasional, yaitu mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Berdasarkan bentuknya penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mengedepankan pengumpulan data bersumber dari informan . Metode pengumpulan data yang digunakan observasi , wawancara dan dokumentasi, Uji Kredibilitas dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangungalsi, diskusi dengan teman sejawat. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data , sajian data dan penarikan kesimpulan. Pengambilan kesimpulan menggunakan teknik deskriptif analitik artinya suatu proses dengan jalan menjelaskan data yang didasarkan atas fenomena dan fakta hasil wawancara dengan subyek penelitian. Kesimpulan penelitian bahwa MA Al Madinah Salatiga menyambut baik penerapan Budaya Belajar Kelompok Siswa. Karena budaya belajar kelompok secara meyakinkan meningkatkan prestasi belajar, kompetensi sosial dan motivasi belajar siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13472 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13472 https://eprints.ums.ac.id/13472/ BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA Syaefudin, Ahmad LB Theory and practice of education Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan prestasi siswa, hubungan Belajar Kelompok dengan kompetensi sosial siswa dan mendeskripsikan hubungan Belajar Kelompok dengan motivasi belajar siswa MA Al Madinah Salatiga. Sumber informasi Subjek yang digunakan sebagai informan dalam penelitian ini terdiri, Guru dua mata pelajaran ujian Nasional di MA Al Madinah Salatiga, dan Siswa kelas XII dalam dua mata pelajaran ujian Nasional, yaitu mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Berdasarkan bentuknya penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mengedepankan pengumpulan data bersumber dari informan . Metode pengumpulan data yang digunakan observasi , wawancara dan dokumentasi, Uji Kredibilitas dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangungalsi, diskusi dengan teman sejawat. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data , sajian data dan penarikan kesimpulan. Pengambilan kesimpulan menggunakan teknik deskriptif analitik artinya suatu proses dengan jalan menjelaskan data yang didasarkan atas fenomena dan fakta hasil wawancara dengan subyek penelitian. Kesimpulan penelitian bahwa MA Al Madinah Salatiga menyambut baik penerapan Budaya Belajar Kelompok Siswa. Karena budaya belajar kelompok secara meyakinkan meningkatkan prestasi belajar, kompetensi sosial dan motivasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/2/BAB__I__PENDAHULUAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/3/BAB_II__KAJIAN_TEORI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/7/Bab_III_METODE__PELITIAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/13/BAB_IV_PAPARAN_dan_TEMUAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/16/BAB_V__PEMBAHASN_DAN_TEORI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/18/BABVI__PENUTUP.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/20/DAFTAR__PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13472/24/INSTRUMEN_WAWANCARA.pdf Syaefudin, Ahmad (2011) BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080178 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education Syaefudin, Ahmad BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA |
title | BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA |
title_full | BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA |
title_fullStr | BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA |
title_full_unstemmed | BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA |
title_short | BUDAYA BELAJAR KELOMPOK SISWA STUDI KASUS MA AL MADINAH SALATIGA |
title_sort | budaya belajar kelompok siswa studi kasus ma al madinah salatiga |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13472/ |
work_keys_str_mv | AT syaefudinahmad budayabelajarkelompoksiswastudikasusmaalmadinahsalatiga |