PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS MUTU DI SMP NEGERI 1 BANJARNEGARA

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan :1) karakteristik pengelolaan keuangan berbasis mutu, 2) karakteristik pengambilan keputusan alokasi keuangan berbasis mutu, 3) Pertanggung jawaban keuangan sekolah di SMP Negeri 1 Banjarnegara Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Banjarnegara,...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: SUHARTATI, LIN
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13468/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan :1) karakteristik pengelolaan keuangan berbasis mutu, 2) karakteristik pengambilan keputusan alokasi keuangan berbasis mutu, 3) Pertanggung jawaban keuangan sekolah di SMP Negeri 1 Banjarnegara Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnogarfi. Data penelitian ini berupa data primer dalam bentuk verbal dari subyek (informen) hasil wawancara, data sekunder yang digunakan berupa dokumen laporan keuangan dan foto-foto kegiatan. Teknik dan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan responden Kepala Sekolah, Guru, Komite sekolah, Orang tua dan Siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Keabsahan data meliputi uji validitas internal (credibility), validitas eksternal (transferability), reliabilitas (dependentbility) dan obyektivitas (credibility). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Pengelolaan keuangan sekolah di SMP Negeri 1 Banjarnegara dimaksudkan guna menunjang proses keberlangsungan pendidikan di sekolah yang meliputi biaya pendidikan, sumber pendapatan sekolah dan juga rencana anggaran sekolah; 2) Pengambilan keputusan pembiayaan kegiatan di sekolah dilakukan berdasarkan skala prioritas dan kooperatif; 3) Pertanggungjawaban keuangan sekolah di SMP Negeri 1 Banjarnegara ditunjukkan dalam pengelolaan keuangan yang akuntabel, tranparansi dan responsibel. hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengelola keuangan sekolah dalam pengadministrasian dan pertanggungjawaban penggunaan keuangan. Selain itu, sekolah dalam mengambil keputusan mempertimbangkan skala prioritas.