KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kontribusi (1) secara bersama-sama antara supervisi klinis, pengalaman mengajar guru, dan iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; (2)...

সম্পূর্ণ বিবরণ

সংরক্ষণ করুন:
গ্রন্থ-পঞ্জীর বিবরন
প্রধান লেখক: Sudiyono, Sih
বিন্যাস: গবেষণাপত্র
ভাষা:English
English
English
English
English
English
English
English
প্রকাশিত: 2011
বিষয়গুলি:
অনলাইন ব্যবহার করুন:https://eprints.ums.ac.id/13467/
ট্যাগগুলো: ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
_version_ 1804995887316860928
author Sudiyono, Sih
author_facet Sudiyono, Sih
author_sort Sudiyono, Sih
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kontribusi (1) secara bersama-sama antara supervisi klinis, pengalaman mengajar guru, dan iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; (2) secara parsial supervisi klinis terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; (3) secara parsial antara pengalaman mengajar guru terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; dan (4) secara parsial antara iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo yang berjumlah 165. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 guru. Penentuan sampling penelitian ini dengan sampel random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis, Pengalaman Mengajar, dan iklim organisasi sekolah terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya hubungan tersebut signifikan pada taraf 5%. Nilai R² sebesar 0,513 berarti variabel supervisi klinis, pengalaman mengajar, dan iklim organisasi sekolah secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 51,3%. Sedangkan sisanya sebesar 48,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, besarnya sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajara sebesar 4%; (3) terdapat kontribusi variabel pengalaman mengajar terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, dengan sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 15,2%; dan (4) terdapat kontribusi variabel iklim organisasi sekolah terhadap keterampilan guru dalam pembelajara SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 artinya hubungan tersebut signifikan pada taraf 5%. Besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 32,1%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13467
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13467 https://eprints.ums.ac.id/13467/ KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO Sudiyono, Sih LC Special aspects of education Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kontribusi (1) secara bersama-sama antara supervisi klinis, pengalaman mengajar guru, dan iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; (2) secara parsial supervisi klinis terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; (3) secara parsial antara pengalaman mengajar guru terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; dan (4) secara parsial antara iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo yang berjumlah 165. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 guru. Penentuan sampling penelitian ini dengan sampel random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis, Pengalaman Mengajar, dan iklim organisasi sekolah terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya hubungan tersebut signifikan pada taraf 5%. Nilai R² sebesar 0,513 berarti variabel supervisi klinis, pengalaman mengajar, dan iklim organisasi sekolah secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 51,3%. Sedangkan sisanya sebesar 48,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, besarnya sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajara sebesar 4%; (3) terdapat kontribusi variabel pengalaman mengajar terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, dengan sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 15,2%; dan (4) terdapat kontribusi variabel iklim organisasi sekolah terhadap keterampilan guru dalam pembelajara SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 artinya hubungan tersebut signifikan pada taraf 5%. Besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 32,1%. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13467/1/ATRIBUT.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13467/2/BAB_I_PENDAHULUAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13467/3/BAB_II_KAJIAN_TEORI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13467/4/BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13467/5/BAB_IV_PENYAJIAN_DATA_DAN_PEMBAHASAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13467/9/BAB_V_PENUTUP.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13467/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13467/15/LAMPIRAN.pdf Sudiyono, Sih (2011) KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100050331
spellingShingle LC Special aspects of education
Sudiyono, Sih
KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO
title KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO
title_full KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO
title_fullStr KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO
title_full_unstemmed KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO
title_short KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO
title_sort kontribusi supervisi klinis pengalaman mengajar guru iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di smp negeri sub rayon 07 kecamatan kemiri kabupaten purworejo
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/13467/
work_keys_str_mv AT sudiyonosih kontribusisupervisiklinispengalamanmengajarguruiklimorganisasiterhadapketerampilangurudalampembelajarandismpnegerisubrayon07kecamatankemirikabupatenpurworejo