KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENGALAMAN MENGAJAR GURU, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SUB RAYON 07 KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kontribusi (1) secara bersama-sama antara supervisi klinis, pengalaman mengajar guru, dan iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; (2)...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: Sudiyono, Sih
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13467/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kontribusi (1) secara bersama-sama antara supervisi klinis, pengalaman mengajar guru, dan iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; (2) secara parsial supervisi klinis terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; (3) secara parsial antara pengalaman mengajar guru terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo; dan (4) secara parsial antara iklim organisasi terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo yang berjumlah 165. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 guru. Penentuan sampling penelitian ini dengan sampel random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis, Pengalaman Mengajar, dan iklim organisasi sekolah terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya hubungan tersebut signifikan pada taraf 5%. Nilai R² sebesar 0,513 berarti variabel supervisi klinis, pengalaman mengajar, dan iklim organisasi sekolah secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 51,3%. Sedangkan sisanya sebesar 48,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, besarnya sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajara sebesar 4%; (3) terdapat kontribusi variabel pengalaman mengajar terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, dengan sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 15,2%; dan (4) terdapat kontribusi variabel iklim organisasi sekolah terhadap keterampilan guru dalam pembelajara SMP Negeri Sub Rayon 07 Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 artinya hubungan tersebut signifikan pada taraf 5%. Besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap keterampilan guru dalam pembelajaran sebesar 32,1%.