PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang)

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pengembangan kurikulum SSN. Namun secara spesifik tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis kurikulum di Sekolah Standar Nasional, dan (2) Mengetahui dan menganalisis pengembangan kurikulum di Sekolah Standar Nas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Utomo, Mohamad Hadi
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13464/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995886501068800
author Utomo, Mohamad Hadi
author_facet Utomo, Mohamad Hadi
author_sort Utomo, Mohamad Hadi
collection ePrints
description Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pengembangan kurikulum SSN. Namun secara spesifik tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis kurikulum di Sekolah Standar Nasional, dan (2) Mengetahui dan menganalisis pengembangan kurikulum di Sekolah Standar Nasional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP N 40 Semarang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas). Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pengembangan kurikulum di SMP N 40 Semarang dilakukan berdasarkan beberapa prinsip yaitu (1) berpusat pada potensi peserta didik, (2) beragam dan terpadu, (3) tanggap terhadap perkembangan daerah, (4) relevan dengan kebutuhan kehidupan, (5) menyeluruh dan berkesinambungan, dan (6) belajar sepanjang hayat. (1) Kurikulum di SMP N 40 Semarang adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapain tujuan pendidikan nasional. Tujuan tersebut dilakukan untuk meningkatkan bidang akademis diantaranya adalah untuk meningkatkan nilai akademis siswa maupun untuk mengembangkan tenaga pendidik. Dalam kurikulum terdapat struktur kurikulum yang merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Struktur kurikulum KTSP yang digunakan di SMP N 40 Semarang terdiri dari mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Dalam kurikulum terdapat kalender pendidikan, silabus, dan Rencana Penyusunan Pembelajaran (RPP). (2) Pengembangan kurikulum yang ada di sekolah pada umumnya mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dalam pengembangan kurikulum memiliki dua tujuan yaitu tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan pada jenjang dan satuan pendidikan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13464
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13464 https://eprints.ums.ac.id/13464/ PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang) Utomo, Mohamad Hadi LB Theory and practice of education Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pengembangan kurikulum SSN. Namun secara spesifik tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis kurikulum di Sekolah Standar Nasional, dan (2) Mengetahui dan menganalisis pengembangan kurikulum di Sekolah Standar Nasional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP N 40 Semarang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas). Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pengembangan kurikulum di SMP N 40 Semarang dilakukan berdasarkan beberapa prinsip yaitu (1) berpusat pada potensi peserta didik, (2) beragam dan terpadu, (3) tanggap terhadap perkembangan daerah, (4) relevan dengan kebutuhan kehidupan, (5) menyeluruh dan berkesinambungan, dan (6) belajar sepanjang hayat. (1) Kurikulum di SMP N 40 Semarang adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapain tujuan pendidikan nasional. Tujuan tersebut dilakukan untuk meningkatkan bidang akademis diantaranya adalah untuk meningkatkan nilai akademis siswa maupun untuk mengembangkan tenaga pendidik. Dalam kurikulum terdapat struktur kurikulum yang merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Struktur kurikulum KTSP yang digunakan di SMP N 40 Semarang terdiri dari mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Dalam kurikulum terdapat kalender pendidikan, silabus, dan Rencana Penyusunan Pembelajaran (RPP). (2) Pengembangan kurikulum yang ada di sekolah pada umumnya mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dalam pengembangan kurikulum memiliki dua tujuan yaitu tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan pada jenjang dan satuan pendidikan. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/1/halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/11/BAB_VI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf Utomo, Mohamad Hadi (2011) PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080090
spellingShingle LB Theory and practice of education
Utomo, Mohamad Hadi
PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang)
title PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang)
title_full PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang)
title_fullStr PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang)
title_full_unstemmed PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang)
title_short PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang)
title_sort pengembangan kurikulum sekolah standar nasional studi situs di smp negeri 40 semarang
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13464/
work_keys_str_mv AT utomomohamadhadi pengembangankurikulumsekolahstandarnasionalstudisitusdismpnegeri40semarang