PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang)
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pengembangan kurikulum SSN. Namun secara spesifik tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis kurikulum di Sekolah Standar Nasional, dan (2) Mengetahui dan menganalisis pengembangan kurikulum di Sekolah Standar Nas...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13464/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995886501068800 |
---|---|
author | Utomo, Mohamad Hadi |
author_facet | Utomo, Mohamad Hadi |
author_sort | Utomo, Mohamad Hadi |
collection | ePrints |
description | Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pengembangan kurikulum SSN. Namun secara spesifik tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis kurikulum di Sekolah Standar Nasional,
dan (2) Mengetahui dan menganalisis pengembangan kurikulum di Sekolah Standar Nasional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP N 40
Semarang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas).
Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pengembangan kurikulum di SMP N 40 Semarang dilakukan berdasarkan beberapa prinsip yaitu (1) berpusat pada potensi peserta didik, (2) beragam dan terpadu, (3) tanggap terhadap
perkembangan daerah, (4) relevan dengan kebutuhan kehidupan, (5) menyeluruh dan berkesinambungan, dan (6) belajar sepanjang hayat. (1) Kurikulum di SMP N 40 Semarang adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang
mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapain tujuan pendidikan nasional. Tujuan tersebut dilakukan untuk meningkatkan bidang akademis diantaranya adalah untuk meningkatkan nilai akademis siswa maupun
untuk mengembangkan tenaga pendidik. Dalam kurikulum terdapat struktur kurikulum yang merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Struktur kurikulum KTSP yang digunakan di SMP N 40 Semarang terdiri dari
mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Dalam kurikulum terdapat kalender pendidikan, silabus, dan Rencana Penyusunan Pembelajaran (RPP). (2) Pengembangan kurikulum yang ada di sekolah pada umumnya mengacu pada
Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dalam pengembangan kurikulum memiliki dua tujuan yaitu tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan pada jenjang
dan satuan pendidikan. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13464 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13464 https://eprints.ums.ac.id/13464/ PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang) Utomo, Mohamad Hadi LB Theory and practice of education Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pengembangan kurikulum SSN. Namun secara spesifik tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis kurikulum di Sekolah Standar Nasional, dan (2) Mengetahui dan menganalisis pengembangan kurikulum di Sekolah Standar Nasional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP N 40 Semarang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas). Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pengembangan kurikulum di SMP N 40 Semarang dilakukan berdasarkan beberapa prinsip yaitu (1) berpusat pada potensi peserta didik, (2) beragam dan terpadu, (3) tanggap terhadap perkembangan daerah, (4) relevan dengan kebutuhan kehidupan, (5) menyeluruh dan berkesinambungan, dan (6) belajar sepanjang hayat. (1) Kurikulum di SMP N 40 Semarang adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapain tujuan pendidikan nasional. Tujuan tersebut dilakukan untuk meningkatkan bidang akademis diantaranya adalah untuk meningkatkan nilai akademis siswa maupun untuk mengembangkan tenaga pendidik. Dalam kurikulum terdapat struktur kurikulum yang merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Struktur kurikulum KTSP yang digunakan di SMP N 40 Semarang terdiri dari mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Dalam kurikulum terdapat kalender pendidikan, silabus, dan Rencana Penyusunan Pembelajaran (RPP). (2) Pengembangan kurikulum yang ada di sekolah pada umumnya mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dalam pengembangan kurikulum memiliki dua tujuan yaitu tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan pada jenjang dan satuan pendidikan. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/1/halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/11/BAB_VI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13464/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf Utomo, Mohamad Hadi (2011) PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100080090 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education Utomo, Mohamad Hadi PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang) |
title | PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang) |
title_full | PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang) |
title_fullStr | PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang) |
title_full_unstemmed | PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang) |
title_short | PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang) |
title_sort | pengembangan kurikulum sekolah standar nasional studi situs di smp negeri 40 semarang |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13464/ |
work_keys_str_mv | AT utomomohamadhadi pengembangankurikulumsekolahstandarnasionalstudisitusdismpnegeri40semarang |