KONTRIBUSI LAYANAN PERPUSTAKAAN, KETERSEDIAAN FASILITAS, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus SMA Negeri 1 Purworejo)

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis dan menguji kontribusi kontribusi layanan perpustakaan, ketersediaan fasilitas dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap minat baca di perpustakaan SMA Negeri 1 Purworejo; (2) menganalisis dan menguji adakah kontribusi layanan perpust...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Widyastuti , Satyani
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13461/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis dan menguji kontribusi kontribusi layanan perpustakaan, ketersediaan fasilitas dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap minat baca di perpustakaan SMA Negeri 1 Purworejo; (2) menganalisis dan menguji adakah kontribusi layanan perpustakaan terhadap minat baca di perpustakaan SMA Negeri 1 Purworejo; (3) menganalisis dan menguji adakah kontribusi ketersediaan fasilitas perpustakaan terhadap minat baca di perpustakaan SMA Negeri 1 Purworejo; dan (4) menganalisis dan menguji adakah kontribusi motivasi belajar siswa terhadap minat baca di perpustakaan SMA Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Purworejo yang berjumlah 750 siswa. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini sejumlah 238 siswa, menurut tabel Nomogram Harry King dengan tingkat kesalahan yang dikehendaki adalah 5%. Penentuan sampling penelitian ini dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kontribusi yang signifikan antara kebijakan kepala sekolah, kinerja pustakawan, dan motivasi belajar siswa terhadap minat baca di perpustakaan SMA 1 Purworejo, dengan F hitung sebesar 103,131 dan p = 0,000. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,569 yang berarti layanan perpustakaan, ketersediaan fasilitas perpustakaan, dan motivasi belajar siswa mampu menjelaskan minat baca siswa diperpustakaan SMA 1 Purworejo sebesar 56,9%, sedangkan sisanya sebesar 43,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar model; (2) Terdapat kontribusi yang signifikan layanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di perpustakaan SMA 1 Purworejo, dengan thitung sebesar 3,736 dan p = 0,000. Dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 20,89%; (3) Terdapat kontribusi yang signifikan ketersediaan fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa di perpustakaan SMA 1 Purworejo, dengan thitung sebesar 2,529 dan p = 0,012. Dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 16,56%; dan (4) Terdapat kontribusi yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap minat baca siswa di perpustakaan SMA 1 Purworejo, dengan t hitung sebesar 3,197 dan p = 0,002. Dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 19,47%.