PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN PELEMKEREP I TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Fokus penelitian ini adalah “Bagaimana karakteristik pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Pelemkerep I tahun pelajaran 2010/2011?”. Fokus tersebut dibagi menjadi tiga subfokus: (1) bagaimana karakteristik pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Pelemkerep I tahun 2010/20...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: PRILLISSIAS, YONIS
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13458/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Fokus penelitian ini adalah “Bagaimana karakteristik pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Pelemkerep I tahun pelajaran 2010/2011?”. Fokus tersebut dibagi menjadi tiga subfokus: (1) bagaimana karakteristik pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Pelemkerep I tahun 2010/2011, (2) bagaimana karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Pelemkerep I tahun 2010/2011?, (3) bagaimana karakteristik aktivitas pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Pelemkerep I tahun 2010/2011?. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pelemkerep I. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru bahasa Inggris. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui analisis diskriptif dengan tahap: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) membuat kesimpulan dan verifikasi. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) Karakteristik pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Pelemkerep I tahun pelajaran 2010/2011 meliputi tujuan pembelajaran bahasa Inggris, pemilihan materi pelajaran, pengorganisasian materi pelajaran, bahan ajar, penggunaan media pembelajaran, penggunaan metode belajaran; (2) Dalam proses pembelajaranbahasa Inggris interaksi terjadi antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, maupun siswa dengan siswa sendiri. Guru bertindak sebagai sumber pengetahuan dan pengatur siswanya, konsultan, model pembelajaran, mengarahkan kegiatan belajar mengajar, mengkoordinir kelas, menggontrol pembelajaran dan evaluator. Sedangkan siswa sebagai subjek, objek dan performer dalam pembelajara; (3) karakteristik aktifitas pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Pelemkerep I dilakukan dengan ESA procedure, yaitu: engage, study, dan activate. Evaluasi dalam pembelajaran bahasa Inggris di ambil melalui tes tertulis, tes lisan dan sikap siawa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris.