PELATIHAN 16 KECENDERUNGAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN

Kesuksesan tidak bisa diraih tanpa kemampuan untuk mengatasi kesulitan (tantangan). Kenyataannya kesulitan membawa dampak yang berbeda-beda bagi masing-masing individu, suatu masalah dapat menyebabkan kegagalan pada satu individu dan menjadi kekuatan yang hebat bagi yang lain. Pada dasarnya setiap i...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Rahmawati, S. Psi, Devita Hidayah
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13454/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
_version_ 1804995883781062656
author Rahmawati, S. Psi, Devita Hidayah
author_facet Rahmawati, S. Psi, Devita Hidayah
author_sort Rahmawati, S. Psi, Devita Hidayah
collection ePrints
description Kesuksesan tidak bisa diraih tanpa kemampuan untuk mengatasi kesulitan (tantangan). Kenyataannya kesulitan membawa dampak yang berbeda-beda bagi masing-masing individu, suatu masalah dapat menyebabkan kegagalan pada satu individu dan menjadi kekuatan yang hebat bagi yang lain. Pada dasarnya setiap individu memerlukan kemampuan yang dapat digunakan untuk menghadapi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari, begitu pula dengan para peserta didik.Perbedaan cara mengatasi kesulitan disebabkan oleh antara lain kecenderungan berpikir yang berbeda-beda. Kecenderungan berpikir merupakan sikap cerdas individu yang biasa digunakan untuk memecahkan permasalahan yang mencakup hubungan interpersonal maupun yang berhubungan dengan pendidikan individu. Saat seseorang menggunakan kecenderungan berpikir untuk menghadapi kesulitan, individu yang bersangkutan cenderung menggunakan seluruh kemampuan yang dimilikinya. Costa menyatakan ada 16 kecenderungan berpikir yang dimiliki seseorang. Apabila individu menguasai keenambelas kecenderungan berpikir tersebut, maka kemampuan individu yang bersangkutan dalam menghadapi kesulitan akan dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pelatihan 16 Kecenderungan Berpikir dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatasi kesulitan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan eksperimen randomized control-group pretest-posttest design. Dimana subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa SMA yang memiliki skor kemampuan mengatasi kesulitan menengah kebawah. Perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen adalah pelatihan 16 Kecenderungan Berpikir. Hasil pengolahan data menggunakan program statistik SPSS 14. hasil uji man withney u-test memberikan nilai Z = -2,158 dengan p-value = 0.031 untuk uji dua sisi (two tail). Untuk memperoleh uji satu sisi maka p harus di bagi dua 0.031/2 = 0.015, dapat dilihat bahwa nilai p-value 0.015 < 0.05, sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Jadi dari hasil penelitian ini kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa metode pelatihan 16 kecenderungan berfikir dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatasi kesulitan..
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13454
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13454 https://eprints.ums.ac.id/13454/ PELATIHAN 16 KECENDERUNGAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN Rahmawati, S. Psi, Devita Hidayah BF Religion and Philosophy Kesuksesan tidak bisa diraih tanpa kemampuan untuk mengatasi kesulitan (tantangan). Kenyataannya kesulitan membawa dampak yang berbeda-beda bagi masing-masing individu, suatu masalah dapat menyebabkan kegagalan pada satu individu dan menjadi kekuatan yang hebat bagi yang lain. Pada dasarnya setiap individu memerlukan kemampuan yang dapat digunakan untuk menghadapi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari, begitu pula dengan para peserta didik.Perbedaan cara mengatasi kesulitan disebabkan oleh antara lain kecenderungan berpikir yang berbeda-beda. Kecenderungan berpikir merupakan sikap cerdas individu yang biasa digunakan untuk memecahkan permasalahan yang mencakup hubungan interpersonal maupun yang berhubungan dengan pendidikan individu. Saat seseorang menggunakan kecenderungan berpikir untuk menghadapi kesulitan, individu yang bersangkutan cenderung menggunakan seluruh kemampuan yang dimilikinya. Costa menyatakan ada 16 kecenderungan berpikir yang dimiliki seseorang. Apabila individu menguasai keenambelas kecenderungan berpikir tersebut, maka kemampuan individu yang bersangkutan dalam menghadapi kesulitan akan dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pelatihan 16 Kecenderungan Berpikir dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatasi kesulitan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan eksperimen randomized control-group pretest-posttest design. Dimana subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa SMA yang memiliki skor kemampuan mengatasi kesulitan menengah kebawah. Perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen adalah pelatihan 16 Kecenderungan Berpikir. Hasil pengolahan data menggunakan program statistik SPSS 14. hasil uji man withney u-test memberikan nilai Z = -2,158 dengan p-value = 0.031 untuk uji dua sisi (two tail). Untuk memperoleh uji satu sisi maka p harus di bagi dua 0.031/2 = 0.015, dapat dilihat bahwa nilai p-value 0.015 < 0.05, sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Jadi dari hasil penelitian ini kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa metode pelatihan 16 kecenderungan berfikir dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatasi kesulitan.. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13454/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13454/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13454/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13454/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13454/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13454/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13454/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13454/13/LAMPIRAN.pdf Rahmawati, S. Psi, Devita Hidayah (2011) PELATIHAN 16 KECENDERUNGAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. T100006048
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Rahmawati, S. Psi, Devita Hidayah
PELATIHAN 16 KECENDERUNGAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN
title PELATIHAN 16 KECENDERUNGAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN
title_full PELATIHAN 16 KECENDERUNGAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN
title_fullStr PELATIHAN 16 KECENDERUNGAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN
title_full_unstemmed PELATIHAN 16 KECENDERUNGAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN
title_short PELATIHAN 16 KECENDERUNGAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN
title_sort pelatihan 16 kecenderungan berpikir untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatasi kesulitan
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/13454/
work_keys_str_mv AT rahmawatispsidevitahidayah pelatihan16kecenderunganberpikiruntukmeningkatkankemampuansiswadalammengatasikesulitan