METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN

METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk membuat intervensi untuk meningkatkan keterampilan sosial yang sesuai dan tepat anak usia 4-6 tahun dengan menggunakan metode bermain dan bercerita. Hipotesis yang di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mirza, Mirza
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13449/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995882425253888
author Mirza, Mirza
author_facet Mirza, Mirza
author_sort Mirza, Mirza
collection ePrints
description METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk membuat intervensi untuk meningkatkan keterampilan sosial yang sesuai dan tepat anak usia 4-6 tahun dengan menggunakan metode bermain dan bercerita. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh metode bermain dan bercerita terhadap keterampilan sosial anak usia 4-6 tahun. Anak yang mendapatkan pelatihan metode bermain dan bercerita akan memiliki keterampilan sosial yang lebih tinggi dari pada yang tidak diberikan pelatihan metode bermain dan bercerita. Partisipan dalam penelitian ini adalah anak usia dini yang mendapatkan pendidikan pada tingkat pendidikan Taman Kanak-kanak dan memiliki usia 4-6 tahun. Partisipan dikelompokan melalui random assigment dalam kelompok eksperimen sebanyak 14 anak dan kelompok kontrol sebanyak 14 anak. Penelitian eksperimen ini menggunakan pelatihan bermain dan bercerita sebagai variabel bebas dan keterampilan sosial sebagai variabel tergantung. Tingkat keterampilan sosial anak diukur dengan menggunakan skala keterampilan sosial yang dikembangkan oleh Kibtiyah (2003) dan telah diadaptasi oleh penulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji t-test. Hasil analisis menunjukan ada perbedaan skor keterampilan sosial antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen setelah diberikan pelatihan bermain dan bercerita (t = -2,605 sig (p) = 0,022 (p<0,05) dengan nilai rerata kelompok kontrol 76,36 dan kelompok eksperimen 82,29. Berdasarkan hasil tersebut diatas, maka hipotesis dalam penelitian ini terbukti dan metode bermain dan bercerita dapat berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia 4-6 tahun.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13449
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13449 https://eprints.ums.ac.id/13449/ METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN Mirza, Mirza BF Religion and Philosophy METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk membuat intervensi untuk meningkatkan keterampilan sosial yang sesuai dan tepat anak usia 4-6 tahun dengan menggunakan metode bermain dan bercerita. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh metode bermain dan bercerita terhadap keterampilan sosial anak usia 4-6 tahun. Anak yang mendapatkan pelatihan metode bermain dan bercerita akan memiliki keterampilan sosial yang lebih tinggi dari pada yang tidak diberikan pelatihan metode bermain dan bercerita. Partisipan dalam penelitian ini adalah anak usia dini yang mendapatkan pendidikan pada tingkat pendidikan Taman Kanak-kanak dan memiliki usia 4-6 tahun. Partisipan dikelompokan melalui random assigment dalam kelompok eksperimen sebanyak 14 anak dan kelompok kontrol sebanyak 14 anak. Penelitian eksperimen ini menggunakan pelatihan bermain dan bercerita sebagai variabel bebas dan keterampilan sosial sebagai variabel tergantung. Tingkat keterampilan sosial anak diukur dengan menggunakan skala keterampilan sosial yang dikembangkan oleh Kibtiyah (2003) dan telah diadaptasi oleh penulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji t-test. Hasil analisis menunjukan ada perbedaan skor keterampilan sosial antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen setelah diberikan pelatihan bermain dan bercerita (t = -2,605 sig (p) = 0,022 (p<0,05) dengan nilai rerata kelompok kontrol 76,36 dan kelompok eksperimen 82,29. Berdasarkan hasil tersebut diatas, maka hipotesis dalam penelitian ini terbukti dan metode bermain dan bercerita dapat berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia 4-6 tahun. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13449/1/Halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13449/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13449/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13449/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13449/6/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13449/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13449/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13449/13/Lampiran.pdf Mirza, Mirza (2011) METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. T100050022
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Mirza, Mirza
METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN
title METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN
title_full METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN
title_fullStr METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN
title_full_unstemmed METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN
title_short METODE BERMAIN DAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN
title_sort metode bermain dan bercerita untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak usia 4 6 tahun
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/13449/
work_keys_str_mv AT mirzamirza metodebermaindanberceritauntukmeningkatkanketerampilansosialpadaanakusia46tahun