PENGELOLAAN DELINKUENSI SECARA SISTEMATIS PADA REMAJA DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, perggerakan, pengawasan , kelemahan dan hambatan dalam pengelolaan delinkuensi secara sitematis pada remaja di SMP Negeri 3 Tulung Kabupaten Klaten. Penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di lap...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HASTUTI, ANIK DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13445/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995881341026304
author HASTUTI, ANIK DWI
author_facet HASTUTI, ANIK DWI
author_sort HASTUTI, ANIK DWI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, perggerakan, pengawasan , kelemahan dan hambatan dalam pengelolaan delinkuensi secara sitematis pada remaja di SMP Negeri 3 Tulung Kabupaten Klaten. Penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di lapangan. Sumber informan pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling, Wali Kelas, Wakil Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Orang Tua Siswa, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa : 1) Perencanaan pengelolaan siswa delinkuensi di SMP Negeri 3 Tulung Kabupaten Klaten meliputi perumusan tujuan, kriteria kenakalan dengan mempertimbangkan motif kenakalannya, waktu pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan, materi pembinaan, tempat pembinaan dan anggaran pelaksanaan kegiatan; 2) Pengorganisasian dilaksanakan dengan penerbitan keputusan tentang pembagian tugas guru dan karyawan; 3) Penggerakan dilakukan dengan pemberian motivasi dan penggerakan. Bentuk motivasi berupa insentif, verbal (kata-kata) dan pengarahan, pentingnya penanganan siswa delinkuensi; 4) Pengawasan terhadap penanganan siswa delinkuensi dilakukan dengan cara bertanya langsung dengan petugas yang bersangkutan, mengamati pelaksanaan serta memanggil siswa nakal untuk mengetahui hasil pembinaan; 5) Kelemahan dan hambatan dalam penanganan siswa delinkuensi antara lain : tidak jelasnya timgkat ketercapaian, kesulitan dalam koordinasi pelaksanaannya, adanya rasa takut dikalangan siswa untuk melaporkan pada sekolah adanya kasus kenakalan siswa. Berdasarka temuan penelitian diperoleh tipe kenakalan siswa SMP Negeri 3 Tulung lebih didominasi jenis kenakalan delikuensi terisolir, hal ini disebabkan perilaku kenakalan siswa merupakan ungkapan kecemasan sebagai akibat konflik batin yang tidak terselesaikan. Sumber kenakalan siswa SMP Negeri 3 Tulung dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu : lokasi sekolah dan lingkungan. Dari lokasi sekolah letak SMP Negeri 3 Tulung berada di antara pasar memungkinkan siswa untuk mengkonsumsi sesuatu yang sebenarnya dilarang oleh sekolah, yaitu rokok. Sisi lain lingkungan juga berperan mempenggaruhi perilaku siswa dengan membentuk karakter sosial. Jenis penggaruh lingkungan berasal dari keberadaan perubahan atau home industry tahu dan roti, dimana banyak anak-anak yang bekerja menjadi buruh dan menghasilkan uang.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13445
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13445 https://eprints.ums.ac.id/13445/ PENGELOLAAN DELINKUENSI SECARA SISTEMATIS PADA REMAJA DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN HASTUTI, ANIK DWI BF Religion and Philosophy Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, perggerakan, pengawasan , kelemahan dan hambatan dalam pengelolaan delinkuensi secara sitematis pada remaja di SMP Negeri 3 Tulung Kabupaten Klaten. Penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di lapangan. Sumber informan pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling, Wali Kelas, Wakil Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Orang Tua Siswa, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa : 1) Perencanaan pengelolaan siswa delinkuensi di SMP Negeri 3 Tulung Kabupaten Klaten meliputi perumusan tujuan, kriteria kenakalan dengan mempertimbangkan motif kenakalannya, waktu pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan, materi pembinaan, tempat pembinaan dan anggaran pelaksanaan kegiatan; 2) Pengorganisasian dilaksanakan dengan penerbitan keputusan tentang pembagian tugas guru dan karyawan; 3) Penggerakan dilakukan dengan pemberian motivasi dan penggerakan. Bentuk motivasi berupa insentif, verbal (kata-kata) dan pengarahan, pentingnya penanganan siswa delinkuensi; 4) Pengawasan terhadap penanganan siswa delinkuensi dilakukan dengan cara bertanya langsung dengan petugas yang bersangkutan, mengamati pelaksanaan serta memanggil siswa nakal untuk mengetahui hasil pembinaan; 5) Kelemahan dan hambatan dalam penanganan siswa delinkuensi antara lain : tidak jelasnya timgkat ketercapaian, kesulitan dalam koordinasi pelaksanaannya, adanya rasa takut dikalangan siswa untuk melaporkan pada sekolah adanya kasus kenakalan siswa. Berdasarka temuan penelitian diperoleh tipe kenakalan siswa SMP Negeri 3 Tulung lebih didominasi jenis kenakalan delikuensi terisolir, hal ini disebabkan perilaku kenakalan siswa merupakan ungkapan kecemasan sebagai akibat konflik batin yang tidak terselesaikan. Sumber kenakalan siswa SMP Negeri 3 Tulung dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu : lokasi sekolah dan lingkungan. Dari lokasi sekolah letak SMP Negeri 3 Tulung berada di antara pasar memungkinkan siswa untuk mengkonsumsi sesuatu yang sebenarnya dilarang oleh sekolah, yaitu rokok. Sisi lain lingkungan juga berperan mempenggaruhi perilaku siswa dengan membentuk karakter sosial. Jenis penggaruh lingkungan berasal dari keberadaan perubahan atau home industry tahu dan roti, dimana banyak anak-anak yang bekerja menjadi buruh dan menghasilkan uang. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13445/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13445/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13445/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13445/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13445/7/BAB__IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13445/13/BAB__V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13445/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13445/18/LAMPIRAN.pdf HASTUTI, ANIK DWI (2011) PENGELOLAAN DELINKUENSI SECARA SISTEMATIS PADA REMAJA DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. S300070017
spellingShingle BF Religion and Philosophy
HASTUTI, ANIK DWI
PENGELOLAAN DELINKUENSI SECARA SISTEMATIS PADA REMAJA DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN
title PENGELOLAAN DELINKUENSI SECARA SISTEMATIS PADA REMAJA DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN
title_full PENGELOLAAN DELINKUENSI SECARA SISTEMATIS PADA REMAJA DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN
title_fullStr PENGELOLAAN DELINKUENSI SECARA SISTEMATIS PADA REMAJA DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN
title_full_unstemmed PENGELOLAAN DELINKUENSI SECARA SISTEMATIS PADA REMAJA DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN
title_short PENGELOLAAN DELINKUENSI SECARA SISTEMATIS PADA REMAJA DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN
title_sort pengelolaan delinkuensi secara sistematis pada remaja di smp negeri 3 tulung kabupaten klaten
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/13445/
work_keys_str_mv AT hastutianikdwi pengelolaandelinkuensisecarasistematispadaremajadismpnegeri3tulungkabupatenklaten