PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN)

Tujuan penelitian ini adalah menemukan model kendali perilaku belajar yang efektif bagi siswa SMA Negeri 1 Klaten. Penelitian ini mengarahkan kajian secara teliti pada : 1) mendeskripsikan model kendali perilaku belajar siswa yang digunakan sebelum pengembangan; 2) menemukan model belajar yang palin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rony, Rony
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13442/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995880529428480
author Rony, Rony
author_facet Rony, Rony
author_sort Rony, Rony
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah menemukan model kendali perilaku belajar yang efektif bagi siswa SMA Negeri 1 Klaten. Penelitian ini mengarahkan kajian secara teliti pada : 1) mendeskripsikan model kendali perilaku belajar siswa yang digunakan sebelum pengembangan; 2) menemukan model belajar yang paling efektif untuk mengendalikan perilaku belajar siswa; 3) menemukan model kendali perilaku belajar yang efektif bagi siswa setelah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan di kelas XD SMA Negeri 1 Klaten. Tahap penelitian dilakukan dengan menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif, kemudian dilanjutkan dengan tahap pengembangan desain model dengan metode eksperimen, tahap validasi model dilakukan dengan metode eksperimen quasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi. Hasil penelitian: (1) model kendali perilaku belajar siswa sebelum pengembangan: perangkat berupa tata tertib sekolah yang berupa penilaian dan penskoran. Semua aspek yang ditulis dalam tata-tertib dinilai baik keadaannya, perangkat yang mengatur siswa dalam kelas masih perlu dibenahi dimana masih adanya pelanggaran yang sering terjadi; (2) penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning (QTL )merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Model pembelajaran ini telah diuji cobakan dalam kegiatan belajar mengajar siswa kelas XD. Langkah-langkah pembelajaran quantum: (a)Menentukan tujuan pembelajaran; (b)komunitas dalam belajar memiliki tujuan yang sama; (c)meyakinkan kemampuan peserta didik dalam belajar, dan kemampuan guru dalam mengajar; (d)menjaga agar komunitas kelas tepat berjalan agar peserta didik tetap memiliki minat belajar tinggi. Lingkungan yang mendukung model pembelajaran quantum antara lain: (a)poster ikon, poster afirmasi, penggunaan warna, alat bantu dapat digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, kemampuan guru dan fasilitas yang dimiliki; (b)pengaturan tempat duduk peserta didik memiliki peran penting dalam proses pembelajaran; (c)tumbuhan, aroma dan unsur organik lainnya, dapat memperkaya kesegaran ruangan kelas;(d)musik dapat digunakan untuk menata suasana hati, mengubah keadaan mental peserta didik, serta mendukung lingkungan belajar.(3)pengembangan model kendali perilaku yang efektif setelah dikembangkan berupa kartu kendali perilaku yang dimiliki setiap siswa sebagai alat indikator hasil perkembangan tahap perubahan tingkah laku siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13442
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13442 https://eprints.ums.ac.id/13442/ PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN) Rony, Rony LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah menemukan model kendali perilaku belajar yang efektif bagi siswa SMA Negeri 1 Klaten. Penelitian ini mengarahkan kajian secara teliti pada : 1) mendeskripsikan model kendali perilaku belajar siswa yang digunakan sebelum pengembangan; 2) menemukan model belajar yang paling efektif untuk mengendalikan perilaku belajar siswa; 3) menemukan model kendali perilaku belajar yang efektif bagi siswa setelah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan di kelas XD SMA Negeri 1 Klaten. Tahap penelitian dilakukan dengan menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif, kemudian dilanjutkan dengan tahap pengembangan desain model dengan metode eksperimen, tahap validasi model dilakukan dengan metode eksperimen quasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi. Hasil penelitian: (1) model kendali perilaku belajar siswa sebelum pengembangan: perangkat berupa tata tertib sekolah yang berupa penilaian dan penskoran. Semua aspek yang ditulis dalam tata-tertib dinilai baik keadaannya, perangkat yang mengatur siswa dalam kelas masih perlu dibenahi dimana masih adanya pelanggaran yang sering terjadi; (2) penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning (QTL )merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Model pembelajaran ini telah diuji cobakan dalam kegiatan belajar mengajar siswa kelas XD. Langkah-langkah pembelajaran quantum: (a)Menentukan tujuan pembelajaran; (b)komunitas dalam belajar memiliki tujuan yang sama; (c)meyakinkan kemampuan peserta didik dalam belajar, dan kemampuan guru dalam mengajar; (d)menjaga agar komunitas kelas tepat berjalan agar peserta didik tetap memiliki minat belajar tinggi. Lingkungan yang mendukung model pembelajaran quantum antara lain: (a)poster ikon, poster afirmasi, penggunaan warna, alat bantu dapat digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, kemampuan guru dan fasilitas yang dimiliki; (b)pengaturan tempat duduk peserta didik memiliki peran penting dalam proses pembelajaran; (c)tumbuhan, aroma dan unsur organik lainnya, dapat memperkaya kesegaran ruangan kelas;(d)musik dapat digunakan untuk menata suasana hati, mengubah keadaan mental peserta didik, serta mendukung lingkungan belajar.(3)pengembangan model kendali perilaku yang efektif setelah dikembangkan berupa kartu kendali perilaku yang dimiliki setiap siswa sebagai alat indikator hasil perkembangan tahap perubahan tingkah laku siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13442/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13442/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13442/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13442/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13442/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13442/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13442/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf Rony, Rony (2011) PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100070297
spellingShingle LB Theory and practice of education
Rony, Rony
PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN)
title PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN)
title_full PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN)
title_fullStr PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN)
title_full_unstemmed PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN)
title_short PENGEMBANGAN MODEL KENDALI PERILAKU BELAJAR YANG EFEKTIF BAGI SISWA SMAN 1 KLATEN , (DESAIN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN)
title_sort pengembangan model kendali perilaku belajar yang efektif bagi siswa sman 1 klaten desain penelitian dan pengembangan
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13442/
work_keys_str_mv AT ronyrony pengembanganmodelkendaliperilakubelajaryangefektifbagisiswasman1klatendesainpenelitiandanpengembangan