PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MULTIMEDIA DI SD SN O2 KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik kegiatan guru dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (2) Karakteristik penataan ruang dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (3) Karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (4) Karakteristi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SANTIKO, RISMAN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13439/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995879707344896
author SANTIKO, RISMAN
author_facet SANTIKO, RISMAN
author_sort SANTIKO, RISMAN
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik kegiatan guru dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (2) Karakteristik penataan ruang dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (3) Karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (4) Karakteristik interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas II, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, pengamatan berperan serta, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangguli metode dan sumber data, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah 1) Karakteristik kegiatan guru dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, analisis KD dan indikator, menyusun silabus, RPP, dan penilaian. Aktivitas guru dalam mengajar terdiri dari lima aktivitas, yaitu review, overview, presentasi, exercise, dan summary, 2) Karakteristik penataan ruang dalam pembelajaran IPA dengan multimedia difokuskan pada penataan tempat duduk siswa, yaitu penataan yang berprinsip pada kenyamanan belajar. Penataan tempat duduk diatur sesuai dengan maksud pembelajaran, misalnya penataan pada waktu diskusi adalah melingkar atau letter U, 3) Karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia dilakukan guru dengan membangun kerjasama dengan siswa dalam pembelajaran. Guru memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran, dengan memberikan kuis, pertanyaan yang bersifat mengetahui pemahaman. Guru membuat kelompok diskusi dengan melibatkan seluruh siswa, 4) Karakteristik interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia difokuskan pada metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain ceramah bervariasi, tanya jawab, dan diskusi. Dalam diskusi, interaksi terjalin antara siswa dengan siswa pada saat presentasi dan sesi Tanya jawab, sedangkan dengan guru tidak terjadi karena guru hanya berperan mengawasi jalannya diskusi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13439
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13439 https://eprints.ums.ac.id/13439/ PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MULTIMEDIA DI SD SN O2 KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR SANTIKO, RISMAN LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik kegiatan guru dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (2) Karakteristik penataan ruang dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (3) Karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, (4) Karakteristik interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas II, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, pengamatan berperan serta, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangguli metode dan sumber data, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah 1) Karakteristik kegiatan guru dalam pembelajaran IPA dengan multimedia, analisis KD dan indikator, menyusun silabus, RPP, dan penilaian. Aktivitas guru dalam mengajar terdiri dari lima aktivitas, yaitu review, overview, presentasi, exercise, dan summary, 2) Karakteristik penataan ruang dalam pembelajaran IPA dengan multimedia difokuskan pada penataan tempat duduk siswa, yaitu penataan yang berprinsip pada kenyamanan belajar. Penataan tempat duduk diatur sesuai dengan maksud pembelajaran, misalnya penataan pada waktu diskusi adalah melingkar atau letter U, 3) Karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia dilakukan guru dengan membangun kerjasama dengan siswa dalam pembelajaran. Guru memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran, dengan memberikan kuis, pertanyaan yang bersifat mengetahui pemahaman. Guru membuat kelompok diskusi dengan melibatkan seluruh siswa, 4) Karakteristik interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran IPA dengan multimedia difokuskan pada metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain ceramah bervariasi, tanya jawab, dan diskusi. Dalam diskusi, interaksi terjalin antara siswa dengan siswa pada saat presentasi dan sesi Tanya jawab, sedangkan dengan guru tidak terjadi karena guru hanya berperan mengawasi jalannya diskusi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13439/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13439/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13439/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13439/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13439/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13439/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13439/18/BAB_VI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13439/22/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13439/25/Lampiran-lampiran.pdf SANTIKO, RISMAN (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MULTIMEDIA DI SD SN O2 KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100070786
spellingShingle LB Theory and practice of education
SANTIKO, RISMAN
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MULTIMEDIA DI SD SN O2 KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR
title PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MULTIMEDIA DI SD SN O2 KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR
title_full PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MULTIMEDIA DI SD SN O2 KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR
title_fullStr PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MULTIMEDIA DI SD SN O2 KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR
title_full_unstemmed PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MULTIMEDIA DI SD SN O2 KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR
title_short PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MULTIMEDIA DI SD SN O2 KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR
title_sort pengelolaan pembelajaran ipa dengan multimedia di sd sn o2 karangpandan kabupaten karanganyar
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13439/
work_keys_str_mv AT santikorisman pengelolaanpembelajaranipadenganmultimediadisdsno2karangpandankabupatenkaranganyar