ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANARAN SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN 2010/2011

Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan dampak akreditasi sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Banaran Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun 2010/2011. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUROTO, SUROTO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13434/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995878355730432
author SUROTO, SUROTO
author_facet SUROTO, SUROTO
author_sort SUROTO, SUROTO
collection ePrints
description Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan dampak akreditasi sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Banaran Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun 2010/2011. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, landasan teori dan pembahasan maka penelitian ini dapat menghasilkan suatu kesimpulan : 1) Akreditasi sekolah ternyata berdampak secara positip terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Banaran baik yang berupa mutu akademik maupun mutu non akademik yang tercermin dalam pelaksanaan delapan mutu standar nasional pendidikan, 2) Dalam menghadapi akreditasi sekolah SD Negeri Banaran mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dengan cara melibatkan semua warga sekolah dan komite sekolah sehingga memperlancar pelaksanaan akreditasi sekolah serta berdampak pada hasil akreditasi itu sendiri, 3) Dalam pelaksanaan akreditasi sekolah SD Negeri Banaran tidak mengalami kendala yang berarti, meskipun masih dijumpai kesulitan terutama masalah waktu untuk mempersiapkan data-data yang diperlukan dalam akreditasi sekolah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13434
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13434 https://eprints.ums.ac.id/13434/ ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANARAN SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN 2010/2011 SUROTO, SUROTO LB Theory and practice of education Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan dampak akreditasi sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Banaran Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun 2010/2011. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, landasan teori dan pembahasan maka penelitian ini dapat menghasilkan suatu kesimpulan : 1) Akreditasi sekolah ternyata berdampak secara positip terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Banaran baik yang berupa mutu akademik maupun mutu non akademik yang tercermin dalam pelaksanaan delapan mutu standar nasional pendidikan, 2) Dalam menghadapi akreditasi sekolah SD Negeri Banaran mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dengan cara melibatkan semua warga sekolah dan komite sekolah sehingga memperlancar pelaksanaan akreditasi sekolah serta berdampak pada hasil akreditasi itu sendiri, 3) Dalam pelaksanaan akreditasi sekolah SD Negeri Banaran tidak mengalami kendala yang berarti, meskipun masih dijumpai kesulitan terutama masalah waktu untuk mempersiapkan data-data yang diperlukan dalam akreditasi sekolah. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13434/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13434/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13434/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13434/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13434/12/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13434/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13434/15/BAB_VI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13434/19/DAFTAR_PUSTAKAx.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13434/23/Lampiran-lampiran.pdf SUROTO, SUROTO (2011) ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANARAN SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN 2010/2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100090051
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUROTO, SUROTO
ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANARAN SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN 2010/2011
title ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANARAN SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN 2010/2011
title_full ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANARAN SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN 2010/2011
title_fullStr ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANARAN SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN 2010/2011
title_full_unstemmed ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANARAN SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN 2010/2011
title_short ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANARAN SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN 2010/2011
title_sort analisis dampak akreditasi sekolah di sekolah dasar negeri banaran sambungmacan sragen tahun 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13434/
work_keys_str_mv AT surotosuroto analisisdampakakreditasisekolahdisekolahdasarnegeribanaransambungmacansragentahun20102011