SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG)
Guna meningkat kompetensi guru dalam mengajar, maka kepala sekolah perlu melakukan supervisi. Diberbagai sekolah maju di luar negeri maupun di Indonesia, supervisi menjadi bagian terencana dan terprogram dari kepala sekolah. SD PL Don Bosko Semarang sebagai salah satu SD di bawah yayasan Pangudi Lu...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2011
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/13432/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
_version_ | 1804995877806276608 |
---|---|
author | SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA |
author_facet | SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA |
author_sort | SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA |
collection | ePrints |
description | Guna meningkat kompetensi guru dalam mengajar, maka kepala sekolah perlu melakukan supervisi. Diberbagai sekolah maju di luar negeri maupun di Indonesia, supervisi menjadi bagian terencana dan terprogram dari kepala sekolah.
SD PL Don Bosko Semarang sebagai salah satu SD di bawah yayasan Pangudi Luhur yang mengelola sekolah-sekolah katolik telah memiliki tradisi supervisi yang telah membudaya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan karakteristik langkah-langkah supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko Semarang, (2) mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan supervisi
pembelajaran di SD PL Don Bosko Semarang, dan (3) mendeskripsikan karakteristik teknik supervisi yang digunakan Kepala SD PL Don Bosko Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di SD PL Don Bosko Semarang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisis etnografi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan pemeriksaan dan memanfaatkan penggunaan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian adalah (1) langkah-langkah supervisi yang dilakukan sesuai dengan tahapan dan kebutuhan dengan melihat secara jelas permasalahan
yang dihadapi guru akan meningkatkan efektivitas supervisi dan peningkatan pembelajaran guru, (2) pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko dimulai dengan perencanaan oleh kepala sekolah. Dalam perencanaan supervisi
pembelajaran diuraikan tentang waktu pelaksanaan supervisi pembelajaran, siapa yang menjadi supervisor, siapa saja yang akan disupervisi, hal-hal apa saja yang akan disupervisi. Pelaksanaan supervisi pembelajaran dengan menggunakan teknik supervisi observasi kelas yaitu supervisor secara langsung mengamati kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas dengan mencatat
berbagai aktivitas guru dalam pembelajaran di dalam kelas, dan (3) Teknik supervisi yang dipilih Kepala SD PL Don Bosko Semarang didominasi oleh supervisi individual. Supervisi individual dengan berbagai modelnya mampu
mendiagnosis permasalahan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar. Teknik supervisi individual ini mampu meningkatkan keterampilan guru mengajar, oleh sebab itu teknik supervisi tersebut perlu ditingkatkan metodenya
agar perbaikan pembelajaran meningkat. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13432 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13432 https://eprints.ums.ac.id/13432/ SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG) SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA LB Theory and practice of education Guna meningkat kompetensi guru dalam mengajar, maka kepala sekolah perlu melakukan supervisi. Diberbagai sekolah maju di luar negeri maupun di Indonesia, supervisi menjadi bagian terencana dan terprogram dari kepala sekolah. SD PL Don Bosko Semarang sebagai salah satu SD di bawah yayasan Pangudi Luhur yang mengelola sekolah-sekolah katolik telah memiliki tradisi supervisi yang telah membudaya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan karakteristik langkah-langkah supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko Semarang, (2) mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko Semarang, dan (3) mendeskripsikan karakteristik teknik supervisi yang digunakan Kepala SD PL Don Bosko Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD PL Don Bosko Semarang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisis etnografi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan pemeriksaan dan memanfaatkan penggunaan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian adalah (1) langkah-langkah supervisi yang dilakukan sesuai dengan tahapan dan kebutuhan dengan melihat secara jelas permasalahan yang dihadapi guru akan meningkatkan efektivitas supervisi dan peningkatan pembelajaran guru, (2) pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko dimulai dengan perencanaan oleh kepala sekolah. Dalam perencanaan supervisi pembelajaran diuraikan tentang waktu pelaksanaan supervisi pembelajaran, siapa yang menjadi supervisor, siapa saja yang akan disupervisi, hal-hal apa saja yang akan disupervisi. Pelaksanaan supervisi pembelajaran dengan menggunakan teknik supervisi observasi kelas yaitu supervisor secara langsung mengamati kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas dengan mencatat berbagai aktivitas guru dalam pembelajaran di dalam kelas, dan (3) Teknik supervisi yang dipilih Kepala SD PL Don Bosko Semarang didominasi oleh supervisi individual. Supervisi individual dengan berbagai modelnya mampu mendiagnosis permasalahan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar. Teknik supervisi individual ini mampu meningkatkan keterampilan guru mengajar, oleh sebab itu teknik supervisi tersebut perlu ditingkatkan metodenya agar perbaikan pembelajaran meningkat. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/3/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/6/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/7/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/10/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/12/BAB_6.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA (2011) SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q10009009 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG) |
title | SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG) |
title_full | SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG) |
title_fullStr | SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG) |
title_full_unstemmed | SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG) |
title_short | SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG) |
title_sort | supervisi pembelajaran sekolah dasar katolik studi situs sd pl don bosko semarang |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13432/ |
work_keys_str_mv | AT sudibyantarastepanusendra supervisipembelajaransekolahdasarkatolikstudisitussdpldonboskosemarang |