SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG)

Guna meningkat kompetensi guru dalam mengajar, maka kepala sekolah perlu melakukan supervisi. Diberbagai sekolah maju di luar negeri maupun di Indonesia, supervisi menjadi bagian terencana dan terprogram dari kepala sekolah. SD PL Don Bosko Semarang sebagai salah satu SD di bawah yayasan Pangudi Lu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13432/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995877806276608
author SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA
author_facet SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA
author_sort SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA
collection ePrints
description Guna meningkat kompetensi guru dalam mengajar, maka kepala sekolah perlu melakukan supervisi. Diberbagai sekolah maju di luar negeri maupun di Indonesia, supervisi menjadi bagian terencana dan terprogram dari kepala sekolah. SD PL Don Bosko Semarang sebagai salah satu SD di bawah yayasan Pangudi Luhur yang mengelola sekolah-sekolah katolik telah memiliki tradisi supervisi yang telah membudaya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan karakteristik langkah-langkah supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko Semarang, (2) mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko Semarang, dan (3) mendeskripsikan karakteristik teknik supervisi yang digunakan Kepala SD PL Don Bosko Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD PL Don Bosko Semarang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisis etnografi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan pemeriksaan dan memanfaatkan penggunaan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian adalah (1) langkah-langkah supervisi yang dilakukan sesuai dengan tahapan dan kebutuhan dengan melihat secara jelas permasalahan yang dihadapi guru akan meningkatkan efektivitas supervisi dan peningkatan pembelajaran guru, (2) pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko dimulai dengan perencanaan oleh kepala sekolah. Dalam perencanaan supervisi pembelajaran diuraikan tentang waktu pelaksanaan supervisi pembelajaran, siapa yang menjadi supervisor, siapa saja yang akan disupervisi, hal-hal apa saja yang akan disupervisi. Pelaksanaan supervisi pembelajaran dengan menggunakan teknik supervisi observasi kelas yaitu supervisor secara langsung mengamati kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas dengan mencatat berbagai aktivitas guru dalam pembelajaran di dalam kelas, dan (3) Teknik supervisi yang dipilih Kepala SD PL Don Bosko Semarang didominasi oleh supervisi individual. Supervisi individual dengan berbagai modelnya mampu mendiagnosis permasalahan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar. Teknik supervisi individual ini mampu meningkatkan keterampilan guru mengajar, oleh sebab itu teknik supervisi tersebut perlu ditingkatkan metodenya agar perbaikan pembelajaran meningkat.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13432
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13432 https://eprints.ums.ac.id/13432/ SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG) SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA LB Theory and practice of education Guna meningkat kompetensi guru dalam mengajar, maka kepala sekolah perlu melakukan supervisi. Diberbagai sekolah maju di luar negeri maupun di Indonesia, supervisi menjadi bagian terencana dan terprogram dari kepala sekolah. SD PL Don Bosko Semarang sebagai salah satu SD di bawah yayasan Pangudi Luhur yang mengelola sekolah-sekolah katolik telah memiliki tradisi supervisi yang telah membudaya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan karakteristik langkah-langkah supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko Semarang, (2) mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko Semarang, dan (3) mendeskripsikan karakteristik teknik supervisi yang digunakan Kepala SD PL Don Bosko Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD PL Don Bosko Semarang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisis etnografi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan pemeriksaan dan memanfaatkan penggunaan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian adalah (1) langkah-langkah supervisi yang dilakukan sesuai dengan tahapan dan kebutuhan dengan melihat secara jelas permasalahan yang dihadapi guru akan meningkatkan efektivitas supervisi dan peningkatan pembelajaran guru, (2) pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD PL Don Bosko dimulai dengan perencanaan oleh kepala sekolah. Dalam perencanaan supervisi pembelajaran diuraikan tentang waktu pelaksanaan supervisi pembelajaran, siapa yang menjadi supervisor, siapa saja yang akan disupervisi, hal-hal apa saja yang akan disupervisi. Pelaksanaan supervisi pembelajaran dengan menggunakan teknik supervisi observasi kelas yaitu supervisor secara langsung mengamati kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas dengan mencatat berbagai aktivitas guru dalam pembelajaran di dalam kelas, dan (3) Teknik supervisi yang dipilih Kepala SD PL Don Bosko Semarang didominasi oleh supervisi individual. Supervisi individual dengan berbagai modelnya mampu mendiagnosis permasalahan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar. Teknik supervisi individual ini mampu meningkatkan keterampilan guru mengajar, oleh sebab itu teknik supervisi tersebut perlu ditingkatkan metodenya agar perbaikan pembelajaran meningkat. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/3/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/6/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/7/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/10/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/12/BAB_6.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13432/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA (2011) SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q10009009
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUDIBYANTARA, STEPANUS ENDRA
SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG)
title SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG)
title_full SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG)
title_fullStr SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG)
title_full_unstemmed SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG)
title_short SUPERVISI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KATOLIK (STUDI SITUS SD PL DON BOSKO SEMARANG)
title_sort supervisi pembelajaran sekolah dasar katolik studi situs sd pl don bosko semarang
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13432/
work_keys_str_mv AT sudibyantarastepanusendra supervisipembelajaransekolahdasarkatolikstudisitussdpldonboskosemarang