REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Kepmendiknas nomor 296/U/1996. Model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Permendiknas nomor 0162//U/2003 dan model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Permendiknas nomor 28/2010 serta model rekrutmen Kepala Sekolah yang ideal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DARMADI, DARMADI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13429/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995876998873088
author DARMADI, DARMADI
author_facet DARMADI, DARMADI
author_sort DARMADI, DARMADI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Kepmendiknas nomor 296/U/1996. Model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Permendiknas nomor 0162//U/2003 dan model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Permendiknas nomor 28/2010 serta model rekrutmen Kepala Sekolah yang ideal. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah dan pejabat di Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dokumen serta wawancara dengan Kepala Sekolah dan pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang. Analisis data dengan membandingkan untuk mencari keunggulan dan kelemahan dari Kepmendiknas nomor 296/U/1996, Permendiknas nomor 0162/U/2003 dan Permendiknas nomor 28/2010. Dari keunggulan dan kelemahan kemudian ditata kembali dan ditambah sehingga menjadi model yang ideal untuk rekrutmen Kepala Sekolah. Hasil penelitian bahwa model rekrutmen menurut kepemendiknas nomor 296/U/1996, Permendiknas nomor 0162/U/2003 dan Permendiknas nomor 28/2010 masih ada beberapa kelemahan yaitu belum menunjukkan prinsip keadilan bagi guru yang telah memenuhi syarat umum dan syarat khusus karena tiap sekolah hanya dimintai seleksi satu orang calon saja. Ketiga peraturan yang mengatur tentang persyaratan ini yaitu syarat tentang keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa tidak ada alat ukur yang jelas, maka harus dibuat alat ukur yang dapat dinilai melalui pengamatan. Keimanan dan ketaqwaaan sebagai kunci utama seorang pejabat dalam melaksanakan pekerjaannya. Perlu ditambahkan kondisi keluarga juga harus dimasukkan sebagai syarat untuk seleksi, sebab kondisi keluarga sangat mempengaruhi kinerja seorang pejabat. Model seleksi tingkat kabupaten yang dilaksanakan oleh pihak ketiga hasilnya perlu dijaga keobyektifannya atau kemurnian hasil tes dalam penetapan kelulusan. Dari keunggulan dan kelemahan tersebut maka perlu imunculkan model rekrutmen Kepala Sekolah yang ideal dan obyektif.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13429
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13429 https://eprints.ums.ac.id/13429/ REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG DARMADI, DARMADI LC Special aspects of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Kepmendiknas nomor 296/U/1996. Model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Permendiknas nomor 0162//U/2003 dan model rekrutmen Kepala Sekolah menurut Permendiknas nomor 28/2010 serta model rekrutmen Kepala Sekolah yang ideal. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah dan pejabat di Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dokumen serta wawancara dengan Kepala Sekolah dan pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang. Analisis data dengan membandingkan untuk mencari keunggulan dan kelemahan dari Kepmendiknas nomor 296/U/1996, Permendiknas nomor 0162/U/2003 dan Permendiknas nomor 28/2010. Dari keunggulan dan kelemahan kemudian ditata kembali dan ditambah sehingga menjadi model yang ideal untuk rekrutmen Kepala Sekolah. Hasil penelitian bahwa model rekrutmen menurut kepemendiknas nomor 296/U/1996, Permendiknas nomor 0162/U/2003 dan Permendiknas nomor 28/2010 masih ada beberapa kelemahan yaitu belum menunjukkan prinsip keadilan bagi guru yang telah memenuhi syarat umum dan syarat khusus karena tiap sekolah hanya dimintai seleksi satu orang calon saja. Ketiga peraturan yang mengatur tentang persyaratan ini yaitu syarat tentang keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa tidak ada alat ukur yang jelas, maka harus dibuat alat ukur yang dapat dinilai melalui pengamatan. Keimanan dan ketaqwaaan sebagai kunci utama seorang pejabat dalam melaksanakan pekerjaannya. Perlu ditambahkan kondisi keluarga juga harus dimasukkan sebagai syarat untuk seleksi, sebab kondisi keluarga sangat mempengaruhi kinerja seorang pejabat. Model seleksi tingkat kabupaten yang dilaksanakan oleh pihak ketiga hasilnya perlu dijaga keobyektifannya atau kemurnian hasil tes dalam penetapan kelulusan. Dari keunggulan dan kelemahan tersebut maka perlu imunculkan model rekrutmen Kepala Sekolah yang ideal dan obyektif. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13429/1/Halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13429/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13429/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13429/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13429/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13429/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13429/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13429/8/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf DARMADI, DARMADI (2011) REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. R100080075
spellingShingle LC Special aspects of education
DARMADI, DARMADI
REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG
title REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG
title_full REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG
title_fullStr REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG
title_full_unstemmed REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG
title_short REKONSTRUKSI MODEL PEMBINAAN PNS BERDASARKAN SISTEM KARIER DAN SISTEM PRESTASI KAJIAN TENTANG REKRUTMEN PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG
title_sort rekonstruksi model pembinaan pns berdasarkan sistem karier dan sistem prestasi kajian tentang rekrutmen penugasan guru sebagai kepala sekolah di dinas pendidikan kabupaten semarang
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/13429/
work_keys_str_mv AT darmadidarmadi rekonstruksimodelpembinaanpnsberdasarkansistemkarierdansistemprestasikajiantentangrekrutmenpenugasangurusebagaikepalasekolahdidinaspendidikankabupatensemarang