PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO

Salah satu mekanisme penting pada sebuah mobil adalah sistem pengarah kendaraan atau sistem kemudi. Sistem ini bertujuan mengarahkan dan mengatur posisi mobil pada situasi jalan yang senantiasa berubah. Saat ini sistem kemudi mobil sudah banyak menerapkan mekanisme penambah daya atau sering disebut...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: WIDIYANTO, SRI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2007
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/13400/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
_version_ 1804995869952442368
author WIDIYANTO, SRI
author_facet WIDIYANTO, SRI
author_sort WIDIYANTO, SRI
collection ePrints
description Salah satu mekanisme penting pada sebuah mobil adalah sistem pengarah kendaraan atau sistem kemudi. Sistem ini bertujuan mengarahkan dan mengatur posisi mobil pada situasi jalan yang senantiasa berubah. Saat ini sistem kemudi mobil sudah banyak menerapkan mekanisme penambah daya atau sering disebut sistem power steering. Fungsinya adalah untuk membantu meringankan beban kemudi dalam mengarahkan laju mobil. Kerja power steering menggunakan sistem hidrolik dengan prinsip mekanika fluida yaitu mengubah energi potensial fluida cair menjadi energi gerak mekanik piston. Bagian utama dari sistem hidrolik power steering adalah silinder hidrolik dan katup pengarah aliran. Silinder hidrolik sebagai elemen kerja yang mengubah energi potensial cair menjadi energi gerak mekanik. Silinder hidrolik bekerja dengan komponen pendukung pompa hidrolik sebagai pembangkit tekanan fluida, pipa sebagai sistem distribusi aliran fluida dan katup sebagai pengatur aliran fluida dan gerak silinder. Tekanan kerja silinder hidrolik akan menghasilkan gaya dukung untuk membantu menggerakkan poros kemudi. Tekanan kerja silinder hidrolik berkurang karena adanya rugi-rugi aliran pada sistem. Rugi-rugi aliran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya panjang pipa, kecepatan aliran maupun jenis minyak hidrolik yang digunakan. Untuk itu perlu diperhitungkan besarnya kerugian untuk dapat menghasilkan sistem hidrolik yang mampu bekerja sesuai dengan gaya yang dibutuhkan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13400
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13400 https://eprints.ums.ac.id/13400/ PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO WIDIYANTO, SRI T Technology (General) Salah satu mekanisme penting pada sebuah mobil adalah sistem pengarah kendaraan atau sistem kemudi. Sistem ini bertujuan mengarahkan dan mengatur posisi mobil pada situasi jalan yang senantiasa berubah. Saat ini sistem kemudi mobil sudah banyak menerapkan mekanisme penambah daya atau sering disebut sistem power steering. Fungsinya adalah untuk membantu meringankan beban kemudi dalam mengarahkan laju mobil. Kerja power steering menggunakan sistem hidrolik dengan prinsip mekanika fluida yaitu mengubah energi potensial fluida cair menjadi energi gerak mekanik piston. Bagian utama dari sistem hidrolik power steering adalah silinder hidrolik dan katup pengarah aliran. Silinder hidrolik sebagai elemen kerja yang mengubah energi potensial cair menjadi energi gerak mekanik. Silinder hidrolik bekerja dengan komponen pendukung pompa hidrolik sebagai pembangkit tekanan fluida, pipa sebagai sistem distribusi aliran fluida dan katup sebagai pengatur aliran fluida dan gerak silinder. Tekanan kerja silinder hidrolik akan menghasilkan gaya dukung untuk membantu menggerakkan poros kemudi. Tekanan kerja silinder hidrolik berkurang karena adanya rugi-rugi aliran pada sistem. Rugi-rugi aliran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya panjang pipa, kecepatan aliran maupun jenis minyak hidrolik yang digunakan. Untuk itu perlu diperhitungkan besarnya kerugian untuk dapat menghasilkan sistem hidrolik yang mampu bekerja sesuai dengan gaya yang dibutuhkan. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/1/1._HAL_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/3/Bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/7/Bab.II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/10/Bab.III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/13/Bab.IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/16/Bab.V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/19/3._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/21/4._LAMPIRAN_TA.pdf WIDIYANTO, SRI (2007) PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D200000188
spellingShingle T Technology (General)
WIDIYANTO, SRI
PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
title PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
title_full PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
title_fullStr PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
title_full_unstemmed PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
title_short PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
title_sort perencanaan sistem hidrolik power steering mobil suzuki baleno
topic T Technology (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13400/
work_keys_str_mv AT widiyantosri perencanaansistemhidrolikpowersteeringmobilsuzukibaleno