PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
Salah satu mekanisme penting pada sebuah mobil adalah sistem pengarah kendaraan atau sistem kemudi. Sistem ini bertujuan mengarahkan dan mengatur posisi mobil pada situasi jalan yang senantiasa berubah. Saat ini sistem kemudi mobil sudah banyak menerapkan mekanisme penambah daya atau sering disebut...
Guardado en:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tesis |
Lenguaje: | English English English English English English English English |
Publicado: |
2007
|
Materias: | |
Acceso en línea: | https://eprints.ums.ac.id/13400/ |
Etiquetas: |
Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
|
_version_ | 1804995869952442368 |
---|---|
author | WIDIYANTO, SRI |
author_facet | WIDIYANTO, SRI |
author_sort | WIDIYANTO, SRI |
collection | ePrints |
description | Salah satu mekanisme penting pada sebuah mobil adalah sistem
pengarah kendaraan atau sistem kemudi. Sistem ini bertujuan mengarahkan dan mengatur posisi mobil pada situasi jalan yang senantiasa berubah. Saat ini sistem kemudi mobil sudah banyak menerapkan mekanisme penambah daya atau sering disebut sistem power steering. Fungsinya adalah untuk membantu meringankan beban kemudi dalam mengarahkan laju mobil. Kerja power steering menggunakan sistem hidrolik dengan prinsip mekanika fluida yaitu mengubah energi potensial fluida cair menjadi energi gerak mekanik piston. Bagian utama dari sistem hidrolik power steering adalah
silinder hidrolik dan katup pengarah aliran. Silinder hidrolik sebagai elemen kerja yang mengubah energi potensial cair menjadi energi gerak mekanik.
Silinder hidrolik bekerja dengan komponen pendukung pompa hidrolik sebagai pembangkit tekanan fluida, pipa sebagai sistem distribusi aliran fluida dan katup sebagai pengatur aliran fluida dan gerak silinder.
Tekanan kerja silinder hidrolik akan menghasilkan gaya dukung untuk membantu menggerakkan poros kemudi. Tekanan kerja silinder hidrolik berkurang karena adanya rugi-rugi aliran pada sistem. Rugi-rugi aliran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya panjang pipa, kecepatan aliran maupun jenis minyak hidrolik yang digunakan. Untuk itu perlu diperhitungkan besarnya kerugian untuk dapat menghasilkan sistem hidrolik yang mampu bekerja sesuai dengan gaya yang dibutuhkan. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13400 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13400 https://eprints.ums.ac.id/13400/ PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO WIDIYANTO, SRI T Technology (General) Salah satu mekanisme penting pada sebuah mobil adalah sistem pengarah kendaraan atau sistem kemudi. Sistem ini bertujuan mengarahkan dan mengatur posisi mobil pada situasi jalan yang senantiasa berubah. Saat ini sistem kemudi mobil sudah banyak menerapkan mekanisme penambah daya atau sering disebut sistem power steering. Fungsinya adalah untuk membantu meringankan beban kemudi dalam mengarahkan laju mobil. Kerja power steering menggunakan sistem hidrolik dengan prinsip mekanika fluida yaitu mengubah energi potensial fluida cair menjadi energi gerak mekanik piston. Bagian utama dari sistem hidrolik power steering adalah silinder hidrolik dan katup pengarah aliran. Silinder hidrolik sebagai elemen kerja yang mengubah energi potensial cair menjadi energi gerak mekanik. Silinder hidrolik bekerja dengan komponen pendukung pompa hidrolik sebagai pembangkit tekanan fluida, pipa sebagai sistem distribusi aliran fluida dan katup sebagai pengatur aliran fluida dan gerak silinder. Tekanan kerja silinder hidrolik akan menghasilkan gaya dukung untuk membantu menggerakkan poros kemudi. Tekanan kerja silinder hidrolik berkurang karena adanya rugi-rugi aliran pada sistem. Rugi-rugi aliran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya panjang pipa, kecepatan aliran maupun jenis minyak hidrolik yang digunakan. Untuk itu perlu diperhitungkan besarnya kerugian untuk dapat menghasilkan sistem hidrolik yang mampu bekerja sesuai dengan gaya yang dibutuhkan. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/1/1._HAL_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/3/Bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/7/Bab.II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/10/Bab.III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/13/Bab.IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/16/Bab.V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/19/3._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13400/21/4._LAMPIRAN_TA.pdf WIDIYANTO, SRI (2007) PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D200000188 |
spellingShingle | T Technology (General) WIDIYANTO, SRI PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO |
title | PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
|
title_full | PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
|
title_fullStr | PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
|
title_full_unstemmed | PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
|
title_short | PERENCANAAN SISTEM HIDROLIK POWER STEERING MOBIL SUZUKI BALENO
|
title_sort | perencanaan sistem hidrolik power steering mobil suzuki baleno |
topic | T Technology (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13400/ |
work_keys_str_mv | AT widiyantosri perencanaansistemhidrolikpowersteeringmobilsuzukibaleno |