INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2006/2007
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mempelajari buku paket dan mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMAN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini adalah para siswa kel XI IPA SMAN 2 Sukoharjo tah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13396/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995868874506240 |
---|---|
author | PUSPANJALI, KUNCORO DWI |
author_facet | PUSPANJALI, KUNCORO DWI |
author_sort | PUSPANJALI, KUNCORO DWI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mempelajari
buku paket dan mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas XI SMAN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007.
Dalam penelitian ini adalah para siswa kel XI IPA SMAN 2 Sukoharjo tahun
pelajaran 2006/2007 dengan jumlah populasi sebanyak 80 orang siswa. Hasil
perhitungan analisis regresi diperoleh Freg sebesar 3,35 setelah dikonsultasikan
dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;27;0,05 = 3,35 dan pada
taraf signifikansi 1% = 5,49, hasilnya Fhitung > Ftabel = 324 > 3,35 dan 324 > 5,49.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan relatif menunjukkan bahwa
intensitas mempelajari buku paket terbukti memberikan sumbangan relatif
(SR%X1) sebesar 92%, sedangkan intensitas mengerjakan lembar kerja siswa
memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 8% terhadap prestasi belajar
matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa intensitas mempelajari buku
paket terbukti memberikan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 88,32%
sedangkan mengerjakan lembar kerja siswa memberikangan sumbangan efektif
(SE%X2) sebesar 7,68% terhadap prestasi belajar matematika. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat menjadi pedoman bagi siswa, guru dan orang tua maupun
masyarakat luas untuk semakin menumbuh-kembangkan kondisi atau suasana
kondusif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui
peningkatan intensitas mempelajari buku paket dan mengerjakan lembar kerja
siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13396 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13396 https://eprints.ums.ac.id/13396/ INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PUSPANJALI, KUNCORO DWI L Education (General) QA Mathematics Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mempelajari buku paket dan mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMAN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini adalah para siswa kel XI IPA SMAN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007 dengan jumlah populasi sebanyak 80 orang siswa. Hasil perhitungan analisis regresi diperoleh Freg sebesar 3,35 setelah dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;27;0,05 = 3,35 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,49, hasilnya Fhitung > Ftabel = 324 > 3,35 dan 324 > 5,49. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan relatif menunjukkan bahwa intensitas mempelajari buku paket terbukti memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 92%, sedangkan intensitas mengerjakan lembar kerja siswa memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 8% terhadap prestasi belajar matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa intensitas mempelajari buku paket terbukti memberikan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 88,32% sedangkan mengerjakan lembar kerja siswa memberikangan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 7,68% terhadap prestasi belajar matematika. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi siswa, guru dan orang tua maupun masyarakat luas untuk semakin menumbuh-kembangkan kondisi atau suasana kondusif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui peningkatan intensitas mempelajari buku paket dan mengerjakan lembar kerja siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13396/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13396/3/BAB_1.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13396/5/DAFTAR_PUSTAKA.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13396/8/BAB_2.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13396/9/BAB_3.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13396/10/BAB_4.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13396/13/BAB_5.PDF PUSPANJALI, KUNCORO DWI (2007) INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410020051 |
spellingShingle | L Education (General) QA Mathematics PUSPANJALI, KUNCORO DWI INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2006/2007 |
title | INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR
KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN
PELAJARAN 2006/2007 |
title_full | INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR
KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN
PELAJARAN 2006/2007 |
title_fullStr | INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR
KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN
PELAJARAN 2006/2007 |
title_full_unstemmed | INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR
KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN
PELAJARAN 2006/2007 |
title_short | INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR
KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN
PELAJARAN 2006/2007 |
title_sort | intensitas mempelajari buku paket dan mengerjakan lembar kerja siswa lks pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas xi sman 2 sukoharjo tahun pelajaran 2006 2007 |
topic | L Education (General) QA Mathematics |
url | https://eprints.ums.ac.id/13396/ |
work_keys_str_mv | AT puspanjalikuncorodwi intensitasmempelajaribukupaketdanmengerjakanlembarkerjasiswalkspengaruhnyaterhadapprestasibelajarmatematikapadasiswakelasxisman2sukoharjotahunpelajaran20062007 |