INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mempelajari buku paket dan mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMAN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini adalah para siswa kel XI IPA SMAN 2 Sukoharjo tah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUSPANJALI, KUNCORO DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13396/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mempelajari buku paket dan mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMAN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini adalah para siswa kel XI IPA SMAN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007 dengan jumlah populasi sebanyak 80 orang siswa. Hasil perhitungan analisis regresi diperoleh Freg sebesar 3,35 setelah dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;27;0,05 = 3,35 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,49, hasilnya Fhitung > Ftabel = 324 > 3,35 dan 324 > 5,49. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan relatif menunjukkan bahwa intensitas mempelajari buku paket terbukti memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 92%, sedangkan intensitas mengerjakan lembar kerja siswa memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 8% terhadap prestasi belajar matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa intensitas mempelajari buku paket terbukti memberikan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 88,32% sedangkan mengerjakan lembar kerja siswa memberikangan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 7,68% terhadap prestasi belajar matematika. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi siswa, guru dan orang tua maupun masyarakat luas untuk semakin menumbuh-kembangkan kondisi atau suasana kondusif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui peningkatan intensitas mempelajari buku paket dan mengerjakan lembar kerja siswa.