INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MENGERJAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2006/2007
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mempelajari buku paket dan mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMAN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini adalah para siswa kel XI IPA SMAN 2 Sukoharjo tah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13396/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mempelajari
buku paket dan mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas XI SMAN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007.
Dalam penelitian ini adalah para siswa kel XI IPA SMAN 2 Sukoharjo tahun
pelajaran 2006/2007 dengan jumlah populasi sebanyak 80 orang siswa. Hasil
perhitungan analisis regresi diperoleh Freg sebesar 3,35 setelah dikonsultasikan
dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;27;0,05 = 3,35 dan pada
taraf signifikansi 1% = 5,49, hasilnya Fhitung > Ftabel = 324 > 3,35 dan 324 > 5,49.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan relatif menunjukkan bahwa
intensitas mempelajari buku paket terbukti memberikan sumbangan relatif
(SR%X1) sebesar 92%, sedangkan intensitas mengerjakan lembar kerja siswa
memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 8% terhadap prestasi belajar
matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa intensitas mempelajari buku
paket terbukti memberikan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 88,32%
sedangkan mengerjakan lembar kerja siswa memberikangan sumbangan efektif
(SE%X2) sebesar 7,68% terhadap prestasi belajar matematika. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat menjadi pedoman bagi siswa, guru dan orang tua maupun
masyarakat luas untuk semakin menumbuh-kembangkan kondisi atau suasana
kondusif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui
peningkatan intensitas mempelajari buku paket dan mengerjakan lembar kerja
siswa. |
---|