EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas akan menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MARGIYANTI, MARGIYANTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13394/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995868335538176
author MARGIYANTI, MARGIYANTI
author_facet MARGIYANTI, MARGIYANTI
author_sort MARGIYANTI, MARGIYANTI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas akan menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, (3) Untuk mengetahui adanya interaksi antara proses pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 239 orang. Dengan cara mengundi lebih dahulu, diperoleh hasil bahwa sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas IA dan kelas IB dengan banyaknya siswa masing-masing kelas adalah 40 orang. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksprerimen adalah kelas IA dan sebagai kelas kontrol adalah kelas IB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data kemampuan siswa sebelum eksperimen, metode angket untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis adalah uji normalitas dengan metode liliefors pada
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13394
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13394 https://eprints.ums.ac.id/13394/ EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MARGIYANTI, MARGIYANTI L Education (General) QA Mathematics Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas akan menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, (3) Untuk mengetahui adanya interaksi antara proses pembelajaran dengan sistem modul disertai pemberian tugas dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 239 orang. Dengan cara mengundi lebih dahulu, diperoleh hasil bahwa sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas IA dan kelas IB dengan banyaknya siswa masing-masing kelas adalah 40 orang. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksprerimen adalah kelas IA dan sebagai kelas kontrol adalah kelas IB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data kemampuan siswa sebelum eksperimen, metode angket untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis adalah uji normalitas dengan metode liliefors pada 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13394/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13394/2/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13394/3/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13394/4/Lampiran.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13394/12/Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13394/14/Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13394/19/Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13394/22/Bab_V.pdf MARGIYANTI, MARGIYANTI (2007) EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410020046
spellingShingle L Education (General)
QA Mathematics
MARGIYANTI, MARGIYANTI
EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title_full EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title_fullStr EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title_full_unstemmed EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title_short EFEKTIVITAS CARA BELAJAR SISTEM MODUL DISERTAI PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
title_sort efektivitas cara belajar sistem modul disertai pemberian tugas ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika
topic L Education (General)
QA Mathematics
url https://eprints.ums.ac.id/13394/
work_keys_str_mv AT margiyantimargiyanti efektivitascarabelajarsistemmoduldisertaipemberiantugasditinjaudarimotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajarmatematika