HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunukasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi p...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13393/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995868065005568 |
---|---|
author | HASTUTIK, LIS |
author_facet | HASTUTIK, LIS |
author_sort | HASTUTIK, LIS |
collection | ePrints |
description | Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunukasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kompetensi profesional, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kompetensi professional, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian adalah deskrptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 responden (guru matematika) SMP Negeri di Kecamatan Wonosari dan Delanggu. Setelah dianalisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru matematika dalam tingkat sedang, kompetensi profesional guru dalam tingkat rendah, begitu pula dengan efektivitas komunikasi dalam tingkat sedang. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan kompetensi pedagogik terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhit = 41,921 >Ftabel = 4,085 dengan sumbangan relatif sebesar 29,2 % dan sumbangan efektif 21,8%. Ada hubungan signifikan kompetensi profesional terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhit = 84,133 >Ftabel = 4,085 dengan sumbangan relatif sebesar 70,08 % dan sumbangan efektif 52,8%. Ada hubungan signifikan kompetensi pedagogik terhadap kompetensi profesional yang ditunjukkan dari Fhit = 32,960 >Ftabel = 4,085. Ada hubungan yang signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhitung sebesar 51,481 > Ftabel = 3,232, persamaan garis regresinya Y = 1,385 + 0,454 X1 + 0,709 X2 dan koefisien determinasi sebesar 0,746 |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13393 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13393 https://eprints.ums.ac.id/13393/ HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR HASTUTIK, LIS PE English Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunukasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kompetensi profesional, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kompetensi professional, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian adalah deskrptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 responden (guru matematika) SMP Negeri di Kecamatan Wonosari dan Delanggu. Setelah dianalisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru matematika dalam tingkat sedang, kompetensi profesional guru dalam tingkat rendah, begitu pula dengan efektivitas komunikasi dalam tingkat sedang. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan kompetensi pedagogik terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhit = 41,921 >Ftabel = 4,085 dengan sumbangan relatif sebesar 29,2 % dan sumbangan efektif 21,8%. Ada hubungan signifikan kompetensi profesional terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhit = 84,133 >Ftabel = 4,085 dengan sumbangan relatif sebesar 70,08 % dan sumbangan efektif 52,8%. Ada hubungan signifikan kompetensi pedagogik terhadap kompetensi profesional yang ditunjukkan dari Fhit = 32,960 >Ftabel = 4,085. Ada hubungan yang signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhitung sebesar 51,481 > Ftabel = 3,232, persamaan garis regresinya Y = 1,385 + 0,454 X1 + 0,709 X2 dan koefisien determinasi sebesar 0,746 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/2/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/3/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/4/Lampiran_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/14/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/16/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/20/BAB_IV_dan_V.pdf HASTUTIK, LIS (2007) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410010102 |
spellingShingle | PE English HASTUTIK, LIS HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR |
title | HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA
DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM
PROSES BELAJAR MENGAJAR |
title_full | HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA
DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM
PROSES BELAJAR MENGAJAR |
title_fullStr | HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA
DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM
PROSES BELAJAR MENGAJAR |
title_full_unstemmed | HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA
DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM
PROSES BELAJAR MENGAJAR |
title_short | HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA
DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM
PROSES BELAJAR MENGAJAR |
title_sort | hubungan kompetensi guru matematika dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar |
topic | PE English |
url | https://eprints.ums.ac.id/13393/ |
work_keys_str_mv | AT hastutiklis hubungankompetensigurumatematikadenganefektivitaskomunikasidalamprosesbelajarmengajar |