HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunukasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HASTUTIK, LIS
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13393/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995868065005568
author HASTUTIK, LIS
author_facet HASTUTIK, LIS
author_sort HASTUTIK, LIS
collection ePrints
description Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunukasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kompetensi profesional, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kompetensi professional, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian adalah deskrptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 responden (guru matematika) SMP Negeri di Kecamatan Wonosari dan Delanggu. Setelah dianalisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru matematika dalam tingkat sedang, kompetensi profesional guru dalam tingkat rendah, begitu pula dengan efektivitas komunikasi dalam tingkat sedang. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan kompetensi pedagogik terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhit = 41,921 >Ftabel = 4,085 dengan sumbangan relatif sebesar 29,2 % dan sumbangan efektif 21,8%. Ada hubungan signifikan kompetensi profesional terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhit = 84,133 >Ftabel = 4,085 dengan sumbangan relatif sebesar 70,08 % dan sumbangan efektif 52,8%. Ada hubungan signifikan kompetensi pedagogik terhadap kompetensi profesional yang ditunjukkan dari Fhit = 32,960 >Ftabel = 4,085. Ada hubungan yang signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhitung sebesar 51,481 > Ftabel = 3,232, persamaan garis regresinya Y = 1,385 + 0,454 X1 + 0,709 X2 dan koefisien determinasi sebesar 0,746
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13393
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13393 https://eprints.ums.ac.id/13393/ HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR HASTUTIK, LIS PE English Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunukasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kompetensi profesional, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kompetensi professional, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian adalah deskrptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 responden (guru matematika) SMP Negeri di Kecamatan Wonosari dan Delanggu. Setelah dianalisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru matematika dalam tingkat sedang, kompetensi profesional guru dalam tingkat rendah, begitu pula dengan efektivitas komunikasi dalam tingkat sedang. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan kompetensi pedagogik terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhit = 41,921 >Ftabel = 4,085 dengan sumbangan relatif sebesar 29,2 % dan sumbangan efektif 21,8%. Ada hubungan signifikan kompetensi profesional terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhit = 84,133 >Ftabel = 4,085 dengan sumbangan relatif sebesar 70,08 % dan sumbangan efektif 52,8%. Ada hubungan signifikan kompetensi pedagogik terhadap kompetensi profesional yang ditunjukkan dari Fhit = 32,960 >Ftabel = 4,085. Ada hubungan yang signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhitung sebesar 51,481 > Ftabel = 3,232, persamaan garis regresinya Y = 1,385 + 0,454 X1 + 0,709 X2 dan koefisien determinasi sebesar 0,746 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/2/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/3/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/4/Lampiran_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/14/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/16/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13393/20/BAB_IV_dan_V.pdf HASTUTIK, LIS (2007) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410010102
spellingShingle PE English
HASTUTIK, LIS
HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
title HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
title_full HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
title_fullStr HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
title_full_unstemmed HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
title_short HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
title_sort hubungan kompetensi guru matematika dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar
topic PE English
url https://eprints.ums.ac.id/13393/
work_keys_str_mv AT hastutiklis hubungankompetensigurumatematikadenganefektivitaskomunikasidalamprosesbelajarmengajar