HUBUNGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunukasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi p...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: HASTUTIK, LIS
Format: Thèse
Langue:English
English
English
English
English
English
English
Publié: 2007
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/13393/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunukasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kompetensi profesional, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi profesional dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kompetensi professional, apakah ada hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan efektivitas komunikasi dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian adalah deskrptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 responden (guru matematika) SMP Negeri di Kecamatan Wonosari dan Delanggu. Setelah dianalisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru matematika dalam tingkat sedang, kompetensi profesional guru dalam tingkat rendah, begitu pula dengan efektivitas komunikasi dalam tingkat sedang. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan kompetensi pedagogik terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhit = 41,921 >Ftabel = 4,085 dengan sumbangan relatif sebesar 29,2 % dan sumbangan efektif 21,8%. Ada hubungan signifikan kompetensi profesional terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhit = 84,133 >Ftabel = 4,085 dengan sumbangan relatif sebesar 70,08 % dan sumbangan efektif 52,8%. Ada hubungan signifikan kompetensi pedagogik terhadap kompetensi profesional yang ditunjukkan dari Fhit = 32,960 >Ftabel = 4,085. Ada hubungan yang signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional terhadap efektivitas komunikasi proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari Fhitung sebesar 51,481 > Ftabel = 3,232, persamaan garis regresinya Y = 1,385 + 0,454 X1 + 0,709 X2 dan koefisien determinasi sebesar 0,746