PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO OLI SUMBER REJEKI SUKOHARJO

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara harga, pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo dan mengetahui manakah faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Berdasa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIWANTO, ANTON
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13385/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995865896550400
author RIWANTO, ANTON
author_facet RIWANTO, ANTON
author_sort RIWANTO, ANTON
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara harga, pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo dan mengetahui manakah faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pemikiran bagi perusahaan yang menentukan kebijakan pengelolaan manajemen pemasaran terutama yang berhubungan dengan loyalitas konsumen dan masalah faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2 ). Populasi yang dipakai pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo, sedangkan sampel penelitian ini adalah 50 konsumen Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo dengan convenience sampling sebagai teknik pengambilannya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa harga (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,582 > 2,013 (p= 0,013 < 0,05); sehingga harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Pelayanan (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 3,999 > 2,013 (p= 0,000 < 0,05); sehingga pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Lokasi (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 2,771 > 2,013 (p= 0,008 < 0,05); sehingga lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 40,628 > 2,84 (p= 0,000 < 0,05); sehingga harga, pelayanan dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,726; berarti loyalitas konsumen dipengaruhi oleh variasi harga, pelayanan dan lokasi sebesar 72,6%; sementara sisanya sebesar 27,4% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pelayanan mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,490 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel harga dan lokasi. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan lebih dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13385
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13385 https://eprints.ums.ac.id/13385/ PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO OLI SUMBER REJEKI SUKOHARJO RIWANTO, ANTON HB Economic Theory Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara harga, pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo dan mengetahui manakah faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pemikiran bagi perusahaan yang menentukan kebijakan pengelolaan manajemen pemasaran terutama yang berhubungan dengan loyalitas konsumen dan masalah faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2 ). Populasi yang dipakai pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo, sedangkan sampel penelitian ini adalah 50 konsumen Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo dengan convenience sampling sebagai teknik pengambilannya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa harga (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,582 > 2,013 (p= 0,013 < 0,05); sehingga harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Pelayanan (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 3,999 > 2,013 (p= 0,000 < 0,05); sehingga pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Lokasi (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 2,771 > 2,013 (p= 0,008 < 0,05); sehingga lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 40,628 > 2,84 (p= 0,000 < 0,05); sehingga harga, pelayanan dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,726; berarti loyalitas konsumen dipengaruhi oleh variasi harga, pelayanan dan lokasi sebesar 72,6%; sementara sisanya sebesar 27,4% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pelayanan mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,490 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel harga dan lokasi. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan lebih dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13385/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13385/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13385/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13385/5/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13385/8/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13385/11/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13385/15/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13385/16/09._Lampiran.pdf RIWANTO, ANTON (2011) PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO OLI SUMBER REJEKI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100040152
spellingShingle HB Economic Theory
RIWANTO, ANTON
PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO OLI SUMBER REJEKI SUKOHARJO
title PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO OLI SUMBER REJEKI SUKOHARJO
title_full PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO OLI SUMBER REJEKI SUKOHARJO
title_fullStr PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO OLI SUMBER REJEKI SUKOHARJO
title_full_unstemmed PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO OLI SUMBER REJEKI SUKOHARJO
title_short PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO OLI SUMBER REJEKI SUKOHARJO
title_sort pengaruh harga pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen pada toko oli sumber rejeki sukoharjo
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/13385/
work_keys_str_mv AT riwantoanton pengaruhhargapelayanandanlokasiterhadaployalitaskonsumenpadatokoolisumberrejekisukoharjo