PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO OLI SUMBER REJEKI SUKOHARJO
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara harga, pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo dan mengetahui manakah faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Berdasa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13385/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara harga,
pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki
Sukoharjo dan mengetahui manakah faktor yang paling dominan berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dan
bahan pemikiran bagi perusahaan yang menentukan kebijakan pengelolaan
manajemen pemasaran terutama yang berhubungan dengan loyalitas konsumen
dan masalah faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada Toko Oli
Sumber Rejeki Sukoharjo.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi
linier berganda dengan uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2
). Populasi yang
dipakai pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Oli Sumber Rejeki
Sukoharjo, sedangkan sampel penelitian ini adalah 50 konsumen Toko Oli
Sumber Rejeki Sukoharjo dengan convenience sampling sebagai teknik
pengambilannya.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa harga (X1) diperoleh nilai
thitung sebesar 2,582 > 2,013 (p= 0,013 < 0,05); sehingga harga berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo.
Pelayanan (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 3,999 > 2,013 (p= 0,000 < 0,05);
sehingga pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada
Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Lokasi (X3) diperoleh nilai thitung sebesar
2,771 > 2,013 (p= 0,008 < 0,05); sehingga lokasi berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. Berdasarkan hasil
analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 40,628 > 2,84 (p= 0,000 < 0,05);
sehingga harga, pelayanan dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo.
Nilai koefisien determinasi sebesar 0,726; berarti loyalitas konsumen dipengaruhi
oleh variasi harga, pelayanan dan lokasi sebesar 72,6%; sementara sisanya sebesar
27,4% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan
menunjukkan bahwa pelayanan mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,490
yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel harga dan lokasi. Hal ini
menunjukkan bahwa pelayanan lebih dominan berpengaruh terhadap loyalitas
konsumen pada Toko Oli Sumber Rejeki Sukoharjo. |
---|