UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “upaya meningkatkan ketrampilan mengarang dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo”. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSRINI , MARTINA DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13384/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995865627066368
author KUSRINI , MARTINA DWI
author_facet KUSRINI , MARTINA DWI
author_sort KUSRINI , MARTINA DWI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “upaya meningkatkan ketrampilan mengarang dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo”. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, strategi yang digunakan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah ketrampilan mengarang siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo dalam mengarang dengan model pemetaan pikiran (mind mapping). Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tehnik tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis kritis. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan mengarang siswa kelas IV Semester II melalui metode pemetaan pikiran (mind mapping) terbukti dengan nilai rata-rata kelas pada pra tindakan 63,09, pada siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 71,47 dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi sebesar 89,47. Perolehan nilai tuntas pada sebelum tindakan sebanyak 52%, siklus I sebanyak 75,49%, dan pada siklus II semua siswa sdah mencapai KKM sebanyak 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pemetaan pikiran (mind mapping) terbukti mampu meningkatkan ketrampilan mengarang pada siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13384
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13384 https://eprints.ums.ac.id/13384/ UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO KUSRINI , MARTINA DWI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “upaya meningkatkan ketrampilan mengarang dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo”. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, strategi yang digunakan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah ketrampilan mengarang siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo dalam mengarang dengan model pemetaan pikiran (mind mapping). Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tehnik tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis kritis. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan mengarang siswa kelas IV Semester II melalui metode pemetaan pikiran (mind mapping) terbukti dengan nilai rata-rata kelas pada pra tindakan 63,09, pada siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 71,47 dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi sebesar 89,47. Perolehan nilai tuntas pada sebelum tindakan sebanyak 52%, siklus I sebanyak 75,49%, dan pada siklus II semua siswa sdah mencapai KKM sebanyak 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pemetaan pikiran (mind mapping) terbukti mampu meningkatkan ketrampilan mengarang pada siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13384/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13384/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13384/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13384/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13384/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13384/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13384/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13384/17/LAMPIRAN.pdf KUSRINI , MARTINA DWI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070050
spellingShingle L Education (General)
KUSRINI , MARTINA DWI
UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
title UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
title_full UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
title_short UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
title_sort upaya meningkatkan ketrampilan mengarang dengan metode mind mapping dalam pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas iv mi guppi wironanggan kecamatan gatak kabupaten sukoharjo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13384/
work_keys_str_mv AT kusrinimartinadwi upayameningkatkanketrampilanmengarangdenganmetodemindmappingdalampembelajaranbahasaindonesiapadasiswakelasivmiguppiwironanggankecamatangatakkabupatensukoharjo