PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika, (2)pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelit...

Täydet tiedot

Tallennettuna:
Bibliografiset tiedot
Päätekijä: KHOTIMAH , KHUSNUL
Aineistotyyppi: Opinnäyte
Kieli:English
English
English
English
English
English
English
English
Julkaistu: 2011
Aiheet:
Linkit:https://eprints.ums.ac.id/13382/
Tagit: Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
_version_ 1804995865087049728
author KHOTIMAH , KHUSNUL
author_facet KHOTIMAH , KHUSNUL
author_sort KHOTIMAH , KHUSNUL
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika, (2)pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian adalah penelitian Ex Post Facto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 80 siswa dan obyek penelitian ini adalah adalah kestabilan emosi dan kemandirian belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk α = 5% diperoleh: (1) Terdapat pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FA = 23,081, (2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FB =12,948, (3) Tidak terdapat interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan F 0,644.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13382
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13382 https://eprints.ums.ac.id/13382/ PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 KHOTIMAH , KHUSNUL L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika, (2)pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian adalah penelitian Ex Post Facto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 80 siswa dan obyek penelitian ini adalah adalah kestabilan emosi dan kemandirian belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk α = 5% diperoleh: (1) Terdapat pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FA = 23,081, (2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FB =12,948, (3) Tidak terdapat interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan F 0,644. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13382/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13382/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13382/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13382/7/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13382/8/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13382/10/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13382/16/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13382/18/09_LAMPIRAN.pdf KHOTIMAH , KHUSNUL (2011) PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070246
spellingShingle L Education (General)
KHOTIMAH , KHUSNUL
PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas v sd muhammadiyah 2 kauman surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13382/
work_keys_str_mv AT khotimahkhusnul pengaruhkestabilanemosidankemandirianbelajarterhadapprestasibelajarmatematikasiswakelasvsdmuhammadiyah2kaumansurakartatahunajaran20102011