PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika, (2)pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelit...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: KHOTIMAH , KHUSNUL
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13382/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika, (2)pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian adalah penelitian Ex Post Facto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 80 siswa dan obyek penelitian ini adalah adalah kestabilan emosi dan kemandirian belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk α = 5% diperoleh: (1) Terdapat pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FA = 23,081, (2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FB =12,948, (3) Tidak terdapat interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan F 0,644.