PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika, (2)pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelit...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13382/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh kestabilan
emosi terhadap prestasi belajar matematika, (2)pengaruh kemandirian
belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara
kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar
matematika. Jenis penelitian adalah penelitian Ex Post Facto. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Muhammadiyah 2 Kauman
Surakarta yang berjumlah 80 siswa dan obyek penelitian ini adalah adalah
kestabilan emosi dan kemandirian belajar siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang
sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji
normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk α = 5%
diperoleh: (1) Terdapat pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar
matematika siswa dengan FA = 23,081, (2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar
terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FB =12,948, (3) Tidak terdapat
interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar
matematika siswa dengan F 0,644. |
---|