PENGARUH KESTABILAN EMOSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika, (2)pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KHOTIMAH , KHUSNUL
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13382/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika, (2)pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian adalah penelitian Ex Post Facto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 80 siswa dan obyek penelitian ini adalah adalah kestabilan emosi dan kemandirian belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk α = 5% diperoleh: (1) Terdapat pengaruh kestabilan emosi terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FA = 23,081, (2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan FB =12,948, (3) Tidak terdapat interaksi antara kestabilan emosi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan F 0,644.