PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANTARA METODE DISCOVERY DAN METODE GALLERY ANSWER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode discovery dan metode gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: TANJUNGSARI, KIKI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/13381/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode discovery dan metode gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode discovery lebih baik jika dibandingkan dengan metode gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 36 siswa, dan untuk sampelnya dari seluruh populasi yang ada dijadikan sampel yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen 18 siswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Untuk uji instrumen (Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode discovery dan metode gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 2,255 > 2,032 ditolak pada taraf signifikasnsi 5%. Prestasi belajar matematika yang menggunakan metode discovery 7,92 lebih tinggi daripada prestasi belajar matematika menggunakan metode Gallery Answer 7,25 atau terdapat selisih 0,67. Artinya pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika.