PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANTARA METODE DISCOVERY DAN METODE GALLERY ANSWER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode discovery dan metode gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: TANJUNGSARI, KIKI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13381/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode discovery dan metode gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode discovery lebih baik jika dibandingkan dengan metode gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 36 siswa, dan untuk sampelnya dari seluruh populasi yang ada dijadikan sampel yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen 18 siswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Untuk uji instrumen (Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode discovery dan metode gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 2,255 > 2,032 ditolak pada taraf signifikasnsi 5%. Prestasi belajar matematika yang menggunakan metode discovery 7,92 lebih tinggi daripada prestasi belajar matematika menggunakan metode Gallery Answer 7,25 atau terdapat selisih 0,67. Artinya pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika.