PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANTARA METODE DISCOVERY DAN METODE GALLERY ANSWER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode discovery dan metode gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13381/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui
perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode discovery dan
metode gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun
ajaran 2010/2011, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan
menggunakan metode discovery lebih baik jika dibandingkan dengan metode
gallery answer pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran
2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan
melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas
yang berjumlah 36 siswa, dan untuk sampelnya dari seluruh populasi yang ada
dijadikan sampel yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV B sebagai kelas
eksperimen 18 siswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol 18 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Untuk uji instrumen (Try
Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar
matematika yang menggunakan metode discovery dan metode gallery answer
pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011.
Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 2,255 > 2,032
ditolak pada taraf signifikasnsi 5%. Prestasi belajar matematika yang
menggunakan metode discovery 7,92 lebih tinggi daripada prestasi belajar
matematika menggunakan metode Gallery Answer 7,25 atau terdapat selisih 0,67.
Artinya pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery lebih baik (lebih
efektif) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika.
|
---|