UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi koperasi melalui metode pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas IV SDN Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan g...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: FATIKA, VERA ERTIANA
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13379/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi koperasi melalui metode pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas IV SDN Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN Pajang III Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Adapun prosedur penelitian yaitu dialog awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “Melalui metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SDN Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/ 2011”. Dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I ada 68,43% yang tuntas belajar meningkat menjadi 84,22% pada Siklus II dan pada Siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 97,36%, KKM 61. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS pada materi koperasi melalui metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pajang III Surakarta.