PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ASTUTI, HENI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13378/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995864004919296
author ASTUTI, HENI
author_facet ASTUTI, HENI
author_sort ASTUTI, HENI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak III siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru, siswa dan peneliti lain tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis alur yang melalui empat tahapan, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar kognitif siswa sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu hanya 9 siswa (32,14%) siswa yang mencapai nilai KKM. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 19 siswa (67,86%), siklus II sebanyak 20 siswa (74,07%), dan pada siklus III terdapat 23 siswa (82,14%) siswa yang mencapai KKM. Hasil belajar siswa dalam ranah afektif sebesar 32,43% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 48,56% dan pada siklus III 70,67%. Selain itu, hasil belajar siswa dalam ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 37,50%, pada siklus II meningkat menjadi 56,60% dan pada siklus III 72,84%. Kesimpulan penelitian ini adalah: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13378
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13378 https://eprints.ums.ac.id/13378/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ASTUTI, HENI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak III siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru, siswa dan peneliti lain tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis alur yang melalui empat tahapan, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar kognitif siswa sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu hanya 9 siswa (32,14%) siswa yang mencapai nilai KKM. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 19 siswa (67,86%), siklus II sebanyak 20 siswa (74,07%), dan pada siklus III terdapat 23 siswa (82,14%) siswa yang mencapai KKM. Hasil belajar siswa dalam ranah afektif sebesar 32,43% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 48,56% dan pada siklus III 70,67%. Selain itu, hasil belajar siswa dalam ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 37,50%, pada siklus II meningkat menjadi 56,60% dan pada siklus III 72,84%. Kesimpulan penelitian ini adalah: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13378/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13378/3/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13378/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13378/5/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13378/7/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13378/12/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13378/15/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13378/17/09._Lampiran.pdf ASTUTI, HENI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070095
spellingShingle L Education (General)
ASTUTI, HENI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation gi untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas vii smp negeri 3 sawit tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13378/
work_keys_str_mv AT astutiheni penerapanmodelpembelajarankooperatiftipegroupinvestigationgiuntukmeningkatkanhasilbelajarbiologisiswakelasviismpnegeri3sawittahunpelajaran20102011