PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13378/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa
kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang
dilaksanakan sebanyak III siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini menggunakan
dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa
informasi dari guru, siswa dan peneliti lain tentang tindakan yang diterapkan, dan
kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi
maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model
analisis alur yang melalui empat tahapan, yakni pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar kognitif siswa sebelum
dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu hanya 9 siswa (32,14%) siswa yang
mencapai nilai KKM. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe GI pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKM
meningkat menjadi 19 siswa (67,86%), siklus II sebanyak 20 siswa (74,07%), dan
pada siklus III terdapat 23 siswa (82,14%) siswa yang mencapai KKM. Hasil
belajar siswa dalam ranah afektif sebesar 32,43% pada siklus I, pada siklus II
meningkat menjadi 48,56% dan pada siklus III 70,67%. Selain itu, hasil belajar
siswa dalam ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 37,50%, pada siklus II
meningkat menjadi 56,60% dan pada siklus III 72,84%. Kesimpulan penelitian ini
adalah: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI)
dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. |
---|