UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE SNOWBALL PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Kelas yang diadakan penelitian adalah kelas IV yang didasari oleh hasil observasi yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami pelajaran IPA, konsent...
Збережено в:
Автор: | |
---|---|
Формат: | Дисертація |
Мова: | English English English English English English English English |
Опубліковано: |
2011
|
Предмети: | |
Онлайн доступ: | https://eprints.ums.ac.id/13377/ |
Теги: |
Додати тег
Немає тегів, Будьте першим, хто поставить тег для цього запису!
|
Резюме: | Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses
pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar.
Kelas yang diadakan penelitian adalah kelas IV yang didasari oleh hasil observasi
yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami pelajaran IPA, konsentrasi siswa dalam
pelajaran tidak terfokus, kurang keaktifan siswa dalam pembelajaran,dan
rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penguasaan materi
pembelajaran IPA melalui metode snowball pada siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 16 Karangasem tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan
data hasil belajar IPA diambil dengan menggunakan observasi, wawancara,
catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Analisis data dari penelitian ini dengan
cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan
siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan pemahaman konsep IPA bagi siswa dan hasil belajar siswa. Pada
aspek kognitif sebelum tindakan didapat rata-rata nilai siswa sebesar 59,4, rata-
rata siklus I meningkat menjadi 66,1, rata-rata siklus II meningkat menjadi 67, dan
siklus III meningkat menjadi 70,2. Sedangkan pada aspek afektif rata-rata siklus I
sebesar 19, rata-rata siklus II meningkat menjadi 22,3 dan siklus III meningkat
menjadi 26. Pada aspek psikomotor rata-rata siklus III 12,5. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Snowball
meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pokok Energi Alternative siswa kelas
IV SD Muhammadiyah 16 Karangasem tahun ajaran 2010/2011. |
---|