PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan energi alternatif pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo Karangrayung Tahun Ajaran 2011/2012 melalui media gambar dengan pendekatan Information Communication and Technology (ICT). Penelitian ini merupakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KRISTIYANTI , RINI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13375/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995863194370048
author KRISTIYANTI , RINI
author_facet KRISTIYANTI , RINI
author_sort KRISTIYANTI , RINI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan energi alternatif pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo Karangrayung Tahun Ajaran 2011/2012 melalui media gambar dengan pendekatan Information Communication and Technology (ICT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo yang berjumlah 38 siswa. Data hasil belajar IPA diambil dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Analisis data dari penelitian adalah dengan cara deskreptif kualitatif, yaitu cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif sebesar 63,02 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 66,71 pada aspek afektif diperoleh data 18,13 (cukup berminat), pada siklus II hasil belajar pada aspek kognitif meningkat menjadi 68,68 dan aspek afektif juga meningkat menjadi 19,18 (cukup berminat), dan siklus III rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat menjadi 72,10 dan aspek afektif meningkat menjadi 20,52 (berminat), sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan media gambar dengan Pendekatan Information Communication and Technologi (ICT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo Karangrayung.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13375
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13375 https://eprints.ums.ac.id/13375/ PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012 KRISTIYANTI , RINI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan energi alternatif pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo Karangrayung Tahun Ajaran 2011/2012 melalui media gambar dengan pendekatan Information Communication and Technology (ICT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo yang berjumlah 38 siswa. Data hasil belajar IPA diambil dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Analisis data dari penelitian adalah dengan cara deskreptif kualitatif, yaitu cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif sebesar 63,02 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 66,71 pada aspek afektif diperoleh data 18,13 (cukup berminat), pada siklus II hasil belajar pada aspek kognitif meningkat menjadi 68,68 dan aspek afektif juga meningkat menjadi 19,18 (cukup berminat), dan siklus III rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat menjadi 72,10 dan aspek afektif meningkat menjadi 20,52 (berminat), sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan media gambar dengan Pendekatan Information Communication and Technologi (ICT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo Karangrayung. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13375/1/2_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13375/2/3_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13375/4/4_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13375/6/5_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13375/7/6_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13375/9/7_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13375/11/8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13375/13/9_LAMPIRAN.pdf KRISTIYANTI , RINI (2011) PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070061
spellingShingle L Education (General)
KRISTIYANTI , RINI
PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
title PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
title_full PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
title_fullStr PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
title_full_unstemmed PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
title_short PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
title_sort penerapan media gambar dengan pendekatan information commu nication and technology ict untuk meningkatkan hasil belajar ipa pokok bahasan energi alternatif pada siswa kelas iv sd negeri 1 sendangharjo karangrayung tahun ajaran 2011 2012
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13375/
work_keys_str_mv AT kristiyantirini penerapanmediagambardenganpendekataninformationcommunicationandtechnologyictuntukmeningkatkanhasilbelajaripapokokbahasanenergialternatifpadasiswakelasivsdnegeri1sendangharjokarangrayungtahunajaran20112012